Penggunaan Batubara

Batubara telah banyak dimanfaatkan dalam bentuk energi listrik karena merupakan sumber yang sangat diandalkan dan sangat terjangkau untuk digunakan dalam pembangkitan listrik. Di Amerika, sekitar 50% energi listrik di sana dihasilkan dari penggunaan batubara. Banyak keuntungan batubara selain untuk energi listrik; batubara juga digunakan dalam berbagai industri seperti bahan kimia, kertas, plastik, produk berbagai material logam, baja, keramik, tar batubara, dan bahkan pupuk.

Penggunaan batubara juga dimanfaatkan sebagai sumber panas dan membantu dalam produksi batu bata dan semen. Batubara juga digunakan sebagai suplemen untuk gas alam ketika dibakar; menghasilkan bermacam gas seperti gas air dan gas batu bara.

Penggunaan batubara yang luas pada banyak industri merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan. Batubara juga digunakan untuk menghasilkan kokas, produk ini sangat berguna karena kokas adalah bahan utama yang digunakan sebagai bahan bakar berkarbon tinggi untuk pemrosesan logam dan juga dalam industri baja. Residu batubara yang dihasilkan pada saat batubara dipanaskan dalam kondisi yang terkendali dan hampa udara akan mengkonsentrasikan kandungan karbon batubara.

Batubara juga merupakan material yang banyak digunakan di rumah tangga pada kehidupan sehari-hari, sebagai pemanas rumah dan juga untuk memasak.

Penggunaan Batubara Bitumen
Batubara bitumen adalah batubara yang paling banyak digunakan dan lebih mudah untuk didapat, jenis batubara ini peringkatnya lebih tinggi dari lignit tetapi lebih rendah dari antrasit. Jenis batubara ini terutama digunakan untuk menghasilkan kokas, listrik dan uap.

Penggunaan Batubara Antrasit
Jenis batubara ini memiliki kandungan karbon tertinggi dan merupakan batubara keras yang juga memiliki kadar air terendah dan merupakan bahan bakar pemanas yang baik. Batubara ini digunakan untuk pembangkit listrik dan merupakan batubara dengan kualitas tertinggi.

Penggunaan Tar Batubara
Ketika batubara disuling, akan dihasilkan residu yang dikenal sebagai tar batubara yang berbentuk cair, berwarna hitam pekat. Tar batubara digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti memperbaiki rumah dan bangunan, serta produksi kain. Material ini banyak digunakan untuk membuat bangunan tahan air, untuk isolasi bangunan, untuk membuat cat, kain, shampoo, dan sabun.

Batubara adalah produk yang banyak digunakan di seluruh dunia untuk berbagai macam kegunaan dan karena itulah industri batubara sangat sukses.


IndoEnergi Home