Perubahan Bentuk Energi

Energi dapat diubah menjadi jenis energi lain. Tapi energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Berikut adalah beberapa perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya:

Energi yang tersimpan dalam baterai senter menjadi energi cahaya ketika senter dinyalakan.

Makanan menyimpan energi. Ia disimpan sebagai zat kimia yang berupa energi potensial. Ketika tubuh menggunakan energi yang tersimpan untuk melakukan suatu pekerjaan, ia menjadi energi kinetik.

Jika seseorang makan berlebihan, energi dalam makanan tidak "dibakar" tetapi disimpan sebagai energi potensial dalam sel lemak.

Ketika seseorang berbicara menggunakan telepon, suara berubah menjadi energi listrik, yang melewati kabel (atau merambat melalui udara). Telepon di ujung mengubah energi listrik menjadi energi suara melalui speaker.

Sebuah mobil menggunakan energi kimia yang tersimpan dalam bensin untuk bergerak. Mesin mengubah energi kimia menjadi panas dan energi kinetik sebagai penggerak mobil.

Sebuah pemanggang mengubah energi listrik menjadi panas dan energi cahaya. (Jika kita melihat ke dalam pemanggang, kita akan melihat ada bagian yang bersinar.)

Televisi mengubah energi listrik menjadi cahaya dan energi suara.



IndoEnergi Home