Tindakan Pencegahan dalam Menggunakan Biodiesel di Mesin Anda

Salah satu biofuel yang utama adalah biodiesel, yang sekarang banyak digunakan di Amerika Serikat, Kanada, Thailand, dan banyak negara di Eropa. Karena pemakaiannya semakin umum dan digunakan oleh masyarakat karena pemakaiannaya yang lebih luas dan efek positifnya, disarankan untuk berkonsultasi dan mendapatkan rekomendasi pabrikan mengenai informasi tentang penggunaan biodiesel.

Berikut ini beberapa pertimbangan penting dalam memanfaatkan biodiesel di mesin Anda:

• Karet Seal dan Selang

Hampir semua mobil pra-1994 (dan beberapa model kendaraan tahun setelahnya) memiliki saluran bahan bakar yang tidak kompatibel dengan biodiesel. Komponen-komponen karet sistem bahan bakar, seperti selang dan seal pompa akan secara bertahap terdegradasi karena penggunaan biodiesel. Sebelum rusak secara keseluruhan, pertama kali mereka akan menjadi kenyal atau seperti spons. Dengan demikian, sekali-sekali periksa bagian di bawah kap mesin Anda dan ganti dengan bahan sintetis yang tahan biodiesel pada setiap saluran bahan bakar dan seal yang rusak.

• Penyumbatan Fuel Filter (penyaring bahan bakar)
Bisa terjadi penyumbatan filter fuel ketika biodisel digunakan untuk pertama kalinya. Daya yang hilang merupakan indikasi terjadinya penyumbatan pada filter fuel. Pemilik kendaraan harus mengganti filter tak lama setelah mencoba biodiesel secara full tank. Disarankan untuk menambahkan filter bahan bakar ekstra pada mobil Anda, dan tahu bagaimana menggantinya serta menyiapkannya setiap saat.

• Cat

Cat pada mobil Anda dapat terganggu pada saat terpapar biodiesel. Kejadian ini dapat dicegah dengan cara segera menyekanya atau mencucinya dengan sedikit sabun dan air.

• Cuaca Dingin
Tergantung pada jenis sumber lemak asalnya, pada suhu sekitar 32° F atau lebih tinggi, biodiesel mengkristal. Kendaraan tidak akan berjalan bila biodiesel membekukan sistem bahan bakar dan pompa injeksi. Namun hal ini tidak menyebabkan kerusakan, memanaskan kendaraan dapat membantu. Wadah bahan bakar dapat disimpan di tempat hangat. Jika tidak tersedia parkir indoor, mobil harus diparkir dimana sinar matahari dapat mencapainya. Di daerah dengan iklim dingin, kristalisasi dapat dicegah dengan menambahkan elemen pemanas atau isolasi pada sistem bahan bakar. Jika mengalami daya yang hilang, segera ganti saringan bahan bakar Anda. Pengering blower dapat juga digunakan untuk membersihkan saringan dan jalur bahan bakar. Menuangkan air panas juga bisa dilakukan tetapi pastikan untuk tidak membasahi komponen listrik.

• Mekanik yang Kurang Berpengalaman

Mekanik yang tidak memiliki pengetahuan dan belum akrab dengan masalah biodiesel mungkin akan menyebabkan salah diagnosis, dan melakukan "perbaikan" pada sistem bahan bakar yang tidak perlu dan mahal. Lebih baik untuk mencari dan mengetahui dimana mekanik  biodiesel terdekat sebelum benar-benar membutuhkannya. Second opinion dari seorang montir ahli juga sangat dianjurkan sebelum mengizinkan dilakukan setiap suatu perbaikan yang mahal.

Secara keseluruhan, pemanfaatan biodiesel bukanlah hal utama yang menjadi alasan pemeliharaan atau hal yang sangat menjadi perhatian. Banyak kendaraan yang lebih baru memiliki komponen yang kompatibel yang akan dengan mudah menerima biofuel. Namun demikian, merupakan hal yang sangat baik bila anda memeriksa mobil Anda secara manual atau berkonsultasi pada produsen kendaraan Anda untuk mendapatkan rekomendasi dan informasi yang lebih spesifik.


IndoEnergi Home