Akibat Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan ancaman potensial bagi masa depan peradaban di seluruh dunia. Ada banyak akibat pemanasan global yang para ahli percaya hal tersebut akan menimbulkan dampak signifikan terhadap bumi di tahun-tahun mendatang.

Meskipun banyak perdebatan yang sedang terjadi mengenai benar atau tidaknya pemanasan global disebabkan oleh perbuatan manusia, dampak dan akibat pemanasan global yang dipaparkan berikut ini telah memperlihatkan pada kita bahwa bumi memang sedang mengalami masalah pemanasan global. Akibat-akibat pemanasan global terus disoroti oleh para ilmuwan, aktivis dan organisasi lingkungan yang menuntut agar segera diambil tindakan pada skala yang lebih besar dibandingkan dengan yang dilakukan selama ini sebagai upaya untuk mengurangi akibat-akibat pemanasan global terhadap bumi di masa depan.

Jika teori bahwa pemanasan global merupakan buatan manusia itu benar, maka untuk mengurangi efek pemanasan global semua negara harus bekerja sama untuk membantu dalam hal mengurangi emisi gas rumah kaca yang merupakan penyebab utama pemanasan global.

Akibat Utama Pemanasan Global
Akibat utama pemanasan global merupakan akibat-akibat langsung dari peningkatan suhu secara global dan dapat dirinci sebagai berikut:
  • Mengubah Pola Cuaca - Pemanasan global dapat mengubah pola cuaca tahunan, membawa kondisi yang lebih buruk ke berbagai negara di seluruh dunia. Akibat dari pemanasan global dapat mencakup peningkatan  kekeringan yang parah, banjir, dan badai yang berpotensi menyebabkan kerugian yang signifikan atas kehidupan atau dampak terhadap perekonomian.
  • Melelehnya Es di Laut  & Geyser - dengan meningkatnya suhu bumi, kita mulai melihat terjadinya percepatan pencairan es di laut dan geyser. Mungkin hal ini dianggap sepele oleh sebagian besar orang sampai kita menyadari berapa banyak persediaan air dunia dalam bentuk es. Menurut data tahun 1993 dari USGS, sekitar 1,7% pasokan total air di bumi disimpan dalam bentuk es di laut atau gletser, ini dapat diterjemahkan menjadi lebih dari 65% pasokan air tawar di bumi. Apabila semua es di laut dan gletser mencair, maka akan terjadi peningkatan permukaan air laut secara global yang akan memiliki potensi untuk menggusur kehidupan masyarakat di daerah pesisir.

Akibat Pemanasan Global Yang Jarang Disebutkan
Ada banyak akibat pemanasan global yang kurang diketahui dan jarang disebutkan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Margasatwa - Dengan mencairnya es di laut, hal ini akan berdampak pada berbagai satwa liar yang mengandalkan es atau kemurnian lingkungan laut. Beruang kutub terancam punah jika es terus meleleh dan mempersempit habitat hidup mereka. Akibat lain yang jarang disebutkan juga berkaitan erat dengan pencairan es di laut dan gletser. Pencairan ini akan menyebabkan tercampurnya sejumlah besar "air tawar" ke dalam laut yang ber-"air garam ". Hal Ini berpotensi mengganggu kehidupan laut yang bergantung pada air garam, bila habitatnya telah tercampur oleh air tawar.
  • Kesehatan - Meningkatnya suhu dapat mempengaruhi kesehatan manusia melalui peningkatan serangan udara panas atau kematian akibat panas. Selain itu, ada kemungkinan akan terjadi lebih banyak kematian atau luka-luka sebagai akibat meningkatnya kondisi yang diakibatkan cuaca buruk seperti banjir, badai dan kebakaran hutan.

Pencegahan
Untuk mencegah atau mengurangi akibat-akibat pemanasan global di masa depan, ada banyak langkah yang bisa diambil. Tidak hanya  perusahaan dan industri besar yang perlu mengambil tindakan guna membantu mengurangi dampak perubahan iklim, melainkan semua orang di planet bumi harus turut ambil bagian. Ada banyak cara yang dapat kita ambil untuk mengurangi dampak potensial pemanasan global, dan hal-hal itu bisa kita mulai dari rumah.


IndoEnergi Home