Anemometer Pada Turbin Angin

Anemometer pada turbin angin merupakan gadget yang penting untuk mengukur angin di ladang angin (wind farm) yang baru atau sudah lama dibangun. Kontrol dan keselamatan operasional turbin angin ditentukan oleh pengukuran jumlah dan kualitas angin yang akurat di ladang angin. Ada tahap-tahap yang biasanya diambil sebelum mendirikan sebuah ladang angin misalnya kualitas angin harus dinilai untuk jangka waktu yang panjang.

Ladang angin biasanya dianggap sebagai investasi yang mahal dan oleh karenanya harus memberikan pendapatan yang bagus pula. Keakuratan dalam mengukur jumlah angin yang tersedia sepanjang tahun akan menentukan jumlah listrik yang akan dihasilkan dan karenanya hal ini sangatlah penting.

Pengumpulan Data dan Kontrol Gerak Turbin Angin
Anemometor turbin angin biasanya dipasang di berbagai ketinggian untuk mengumpulkan data akurat yang kemudian digunakan untuk menilai suatu lokasi. Untuk memastikan efisiensi, turbin angin harus dihadapkan ke arah datangnya angin, anemometer turbin angin bertanggung jawab pada proses ini. Mereka ditempatkan di atas turbin angin dan biasanya memiliki fungsi kontrol utama pada turbin angin. Karena ladang angin banyak dibangun di daerah terpencil, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan anemometer yang sangat akurat dengan biaya perawatan rendah atau yang tidak diperlukan perawatan sama sekali.

Berikut adalah anemometer yang bisa di pilih:

WindMaster 3D Anemometer
WindMaster 3D sonic anemometer dapat memantau kecepatan angin 0-45m /s (0-145mph), memberikan output digital untuk vektor U, V, dan W. Output kecepatan suara dan suhu sonik tersedia sebagai standar.

WindMaster dibuat dari aluminium dan serat karbon, dan tersedia untuk 20Hz atau 32 Hz output data. Pilihan input dan output analog tersedia baik untuk resolusi 12 atau 14 bit.
Extreme Weather Observer
Extreme Weather Observer adalah anemometer turbin angin yang dirancang untuk tidak membeku dalam kondisi cuaca yang sangat dingin. Anemometer ini memiliki kemampuan untuk mengukur kecepatan angin hingga 75m / s (0-168mph) sehingga ideal untuk digunakan dalam kondisi cuaca yang ekstreme. Anemometer ini terbuat dari stainless steel dan tak ada bagian yang bergerak. Anemometer ini memberikan output yang mengindikasikan validitas data melalui paket komunikasi windcom berbasis windows yang memungkinkan user untuk mengkonfigurasinya dalam berbagai mode menggunakan PC. Alat ini sangat dianjurkan untuk kontrol turbin angin yang akurat.


IndoEnergi Home