Apakah Energi Hijau itu?

Mungkin inilah cara paling sederhana untuk menjelaskan mengenai istilah energi hijau: energi hijau adalah energi yang dihasilkan dengan cara yang membuat planet kita tetap tersenyum. Energi dalam bentuk apapun pasti akan tetap memberikan efek negatif bagi manusia karena biasanya menghasilkan pencemaran sebagai produk samping. Hal ini terutama terjadi pada bahan bakar fosil yang menghasilakan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida. Namun, yang membedakan energi hijau dari jenis energi lainnya adalah kemampuannya untuk meminimalkan polusi selama produksi atau bahkan tidak sama sekali.

Sumber utama energi hijau adalah matahari yang menyediakan energi surya. Jenis lain dari energi hijau diantaranya adalah angin, panas bumi, dan tenaga air yang semuanya dapat diproduksi tanpa menghasilkan emisi gas rumah kaca. Namun ada jenis energi kontroversial dari daftar ini yaitu energi nuklir yang hanya dibutuhkan sejumlah kecil bahan bakar nuklir untuk mendapatkan sejumlah besar energi tanpa menghasilkan emisi gas rumah kaca. Namun, nuklir bisa menjadi jenis energi yang sangat mematikan sehingga menjadi pilihan yang kurang baik di mata banyak orang.

Energi hijau tidak hanya diproduksi dengan cara yang ramah lingkungan di saat ia diproduksi; namun saat ia digunakan juga sama pentingnya agar tetap pantas disebut sebagai energi hijau. Di bidang teknologi energi hijau, kemajuan pada desain arsitektur telah banyak dihasilkan. Mulai dari "bangunan hijau" yang memiliki kemampuan untuk tetap sejuk di siang hari dan tetap hangat di malam hari tanpa bantuan AC atau pemanas, sampai gedung-gedung perkantoran yang ditutupi panel surya untuk sepenuhnya mampu memenuhi kebutuhan listrik di dalamnya; kemungkinan perkembangan teknologi hijau ini tampaknya tak terbatas.

Karena ketergantungan luar biasa pada bahan bakar fosil, usaha untuk menghasilkan energi hijau juga dilakukan dengan jalan menemukan cara-cara yang bersih untuk menghasilkan energi dari bahan bakar fosil, yaitu dengan cara meminimalkan bahaya yang mereka timbulkan pada lingkungan.

Semua usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan energi hijau sebenarnya adalah cara kita untuk menyelamatkan planet bumi, dan ini berarti tentu saja menyelamatkan diri kita sendiri.


IndoEnergi Home