Berbagai Cara Hemat Energi di Rumah

Banyak orang sadar bahwa begitu banyak tantangan yang harus dihadapi untuk menciptakan masa depan dunia yang berkelanjutan. Kita harus membuat perubahan sejak hari ini untuk masa depan planet bumi, dan bagian dari perubahan itu adalah mencari cara lebih hemat energi untuk pemanfaatannya di rumah kita. Ada berbagai cara untuk menghemat energi dan hal-hal kecil dapat menjadi besar bila ini telah menjadi kebiasaan.

Hemat Energi dengan Mencabut Kabel
Anda akan terkejut betapa banyak energi yang terbuang hanya dengan meninggalkan peralatan listrik tetap tercolok ke stop kontak dan membuat peralatan Anda pada mode siaga. Dengan hanya mencabut peralatan ketika mereka tidak digunakan, Anda dapat menghemat tagihan listrik Anda.

Cabut charger ponsel, kamera digital, PDA, dan gadget lainnya bila tidak digunakan. Pasang saklar pada kabel listrik televisi Anda, kabel DVD, dan alat elektronik hiburan lainnya dan ketika mereka tidak digunakan, matikan daya listrik melalui saklar tersebut.

Hemat Energi melalui Komputer
Anda bukanlah satu-satunya orang yang benci harus menyalakan komputer dan mematikannnya karena dibutuhkan banyak waktu untuk reload semua aplikasi. Ada solusi energi yang lebih ramah terhadap masalah ini. Sebagian besar komputer memiliki fitur sleep yang menggunakan daya yang lebih kecil bila Anda tidak menggunakannya.

Atau, Anda dapat mengatur komputer Anda untuk masuk ke mode hibernasi bila tidak aktif dalam jangka waktu tertentu. Saat komputer Anda dalam mode hibernasi, Anda dapat dengan mudah mengubahnya kembali ke mode aktif ketika Anda siap untuk menggunakannya lagi. Pilihan ini sebenarnya lebih hemat energi daripada mematikan dan menghidupkan kembali komputer.

Hemat Energi di Dapur
Pencuci piring, mesin cuci, dan pengering adalah peralatan rumah tangga umum yang menggunakan banyak energi. Anda tidak harus mengurangi penggunakan mesin ini, tetapi menggunakan mereka dengan cara yang lebih efisien dapat membantu untuk menghemat energi.

Alih-alih beban yang dicuci hanya sebagian, tunggu beberapa saat lagi dan cucilah saat mesin penuh. Atau, jika Anda tidak bisa mengisi penuh mesin cuci, pengering atau mesin cuci piring, gunakan saat setengah penuh atau beralih ke mode ekonomi.

Ketika Anda mencuci pakaian, baik tingkat air dan suhu pencucian memainkan peran besar dalam jumlah energi yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan tingkat suhu yang benar. Selain itu, hindari pengeringan kain/pakaian yang berat dan ringan bersama-sama karena mereka kering pada derajat yang berbeda.

Hal-hal di atas hanyalah beberapa cara untuk menghemat energi di rumah dan walaupun mungkin terlihat tidak banyak, Anda akan terkejut betapa banyak uang yang dapat dihemat. Selain menghemat uang, hemat energi juga membantu lingkungan pada saat yang sama.


IndoEnergi Home