Biofuel: Produksi dan Manfaatnya

bus berbahan bakar biofuel kedelai
Jika Anda bingung akan harga BBM yang terus mengalami kenaikan, tetapi masih ingin menggunakan produk yang bagus sebagar sumber energi bagi mobil dan semua peralatan lain yang Anda gunakan, biofuel bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Biofuel merupakan bahan bakar hijau yang dapat digunakan pada kesaharian, dan sebagai solusi yang cukup terjangkau.

Apakah Biofuel itu?
Biofuel didefinisikan sebagai cairan, padatan, atau bahan bakar gas yang terbuat dari bahan biologis yang baru saja mati. Hal ini yang membedakan biofuel dari dari bahan bakar fosil, yang dihasilkan dari hewan biologis dan tanaman yang telah mati jutaan tahun lalu.

Sumber biofuel yang paling umum adalah tanaman fotosintesis, dan di seluruh dunia, bahan bakar ini digunakan untuk bahan bakar kompor dan kendaraan. Industri ini mulai tumbuh pesat di Eropa dan Asia, dan sebagian Amerika mulai mengikuti tren ini juga.

Penelitian dan Produksi Biofuel
Ada dua cara utama untuk memproduksi biofuel. Salah satunya adalah menanam tanaman yang memiliki kandungan gula tinggi, seperti sorgum, tebu atau gula bit. Tepung jagung juga dapat digunakan untuk membuat bahan bakar ini, dan setelah tanaman ini telah dipanen dan diproses, fermentasi ragi akan menghasilkan etil alkohol, atau etanol.

Metode kedua untuk mendapatkan biofuel adalah menggunakan tanaman yang memiliki kandungan minyak nabati tinggi; tanaman ini meliputi kedelai, ganggang, atau kelapa sawit. Minyak ini dapat diproses secara kimia untuk menghasilkan biodiesel.

Biofuel telah menjadi pusat dari sejumlah perdebatan ekonomi di seluruh dunia, seperti masalah tingkat emisi karbon di udara, dan perdebatan biofuel versus pangan. Dampak biofuel terhadap sumber daya air juga menjadi topik diskusi antara pemerintah, ilmuan dan praktisi. Para ilmuwan dan ekonom juga mencari cara untuk memastikan bahwa erosi tanah dapat dikurangi daat biofuel sedang diproduksi, dan tentu saja, biaya harga minyak bumi juga menjadi bahan pertimbangan.

Tetapi, pada dasarnya biofuel merupakan bahan bakar energi bersih yang dapat terbarukan dan alami. Menggunakan mobil yang berbahan bakar alami akan membantu kita untuk membuat kemajuan guna memperbaiki kualitas udara lingkungan, yang juga dapat melestarikan sumber daya alam di dunia ini.



IndoEnergi Home