Cara Memasang Instalasi Listrik Tenaga Surya di Rumah

Jika Anda ingin memanfaatkan tenaga surya untuk pemanas dan listrik di rumah, Anda mungkin harus mempertimbangkan beberapa item yang relatif mahal yang diperlukan. Namun item-item ini bisa menghemat biaya energi Anda untuk jangka waktu yang panjang. Meski begitu, meng-instal sistem listrik tenaga surya memang membutuhkan teknologi yang tepat dan memerlukan persiapan matang.

Pertama, Anda perlu mengetahui berapa banyak listrik yang dibutuhkan di rumah Anda. Jika Anda berencana hanya untuk melengkapi kebutuhan energi listrik di rumah Anda, itu juga bagus. Kemudian Anda hanya menghitung persentase tambahan energi listrik yang Anda inginkan.

Dengan melihat tagihan listrik rumah Anda, bisa membuat pekerjaan ini menjadi mudah. Anda bisa membuat grafik bulanan daya listrik sepanjang tahun yang Anda gunakan. Anda akan dapat menggunakan rata-rata total, atau menggunakan angka puncak pemakaian. Jika Anda berencana untuk berhenti menggunakan listrik dari PLN secara total, pertimbangkanlah untuk menggunakan angka pada puncak pemakaian.

Angka-angka tersebut akan memungkinkan Anda untuk memperhitungkan berapa banyak dan berapa besar ukuran modul PV yang Anda butuhkan. PV adalah singkatan fotovoltaik, metode yang hampir digunakan oleh semua sel surya untuk mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. Selanjutanya Anda cuma harus menggunakan perhitungan sederhana untuk mencocokkan luas area atap yang digunakan dengan jumlah dan ukuran modul yang dibutuhkan.

Setiap modul akan menghasilkan sejumlah tertentu daya listrik dengan biaya tertentu. Untuk rumah berukuran sederhana, biaya panel sekitar $ 10.000 - $ 16.000 dengan menggunakan harga sekarang.
Tapi modul PV harus terhubung dengan peralatan lain. Konektor, klem, kabel dan komponen lainnya menambah total biaya. Jumlahnya sangat bervariasi. Dan jangan lupa untuk menambahkan biaya instalasi. Sebagian besar pemilik rumah tidak memiliki keterampilan untuk memasangnya sendiri.

Matahari tidak bersinar sepanjang hari di setiap hari. Bumi akan menjadi gelap di malam hari, ini pasti. Hujan dan awan tebal akan mengurangi jumlah tenaga surya yang diserap. Faktor tak terkendali lain juga dapat mengurangi jumlah sinar matahari yang tersedia. Jadi, hampir setiap pengguna instalasi listrik tenaga surya memerlukan pasokan kontinyu yang bisa disediakan oleh sistem penyimpanan baterai. Atau sebagian listrik yang dibutuhkan pada saat-saat tersebut dapat dipasok dari PLN.

Jika instalasi listrik tenaga surya di rumah Anda menghasilkan listrik lebih dari yang Anda butuhkan pada waktu tertentu, di beberapa negara oleh beberapa perusahaan listrik, mereka dapat membeli kelebihan listrik Anda dan dimasukkan ke jaringan listrik mereka melalui sebuah perjanjian. Hal ini biasanya secara teknis dilakukan dengan menjalankan meteran listrik Anda secara mundur ketika Anda memasok listrik untuk jaringan mereka.

Dengan panel, baterai, biaya instalasi dan biaya lainnya untuk ukuran instalasi listrik tenaga surya yang paling sederhana biaya yang dibutuhkan sekitar $ 32.000 - $ 50.000. Dan masih bisa kurang. Biaya inilah yang harus diperhitungkan dan diperbandingkan dengan jumlah yang harus dibayar jika menggunakan listrik PLN selama masa pakai dari sistem, biasanya sekitar 20 tahun tanpa penggantian substansial.

Tetapi biaya akan turun dan efisiensi akan membaik seiring berjalannya waktu, karena harga listrik terus meningkat. Mungkin sekaranglah saatnya bagi Anda untuk mulai beralih menggunakan sistem listrik tenaga surya untuk rumah Anda.


IndoEnergi Home