Cara Mencegah Pemanasan Global

Ada banyak cara untuk mencegah pemanasan global. Meskipun kita tidak dapat mencegah pemanasan global secara menyeluruh, kita dapat melakukan berbagai tindakan yang dapat membantu untuk mengurangi intensitas dampak pemanasan global di masa depan.

Meskipun tindakan utama yang perlu diambil adalah menyangkut proses industri dan transportasi skala besar (seperti produksi energi dan penerbangan), ada banyak cara untuk mencegah pemanasan global pada skala yang lebih kecil. Jika panduan sederhana ini diikuti dalam persentase besar oleh penduduk bumi, maka efek gabungannya bisa sangat positif terhadap pengurangan dampak pemanasan global.

Metode yang dapat diambil untuk coba mencegah efek pemanasan global dibagi ke dalam dua kategori yang berbeda di bawah ini.

Transportasi
  • Gunakan alat transportasi hanya bila diperlukan, cobalah berjalan kaki untuk jarak pendek atau menggunakan sepeda lebih sering.
  • Menggunakan angkutan umum sedapat mungkin. Beberapa kota telah menyediakan jalur khusus kendaraan umum yang dapat membantu mengurangi waktu perjalanan Anda.
  • Berkendaralah dengan bijak, gunakan gigi yang benar untuk membantu mengurangi penggunaan bahan bakar. Anda juga dapat memastikan semua jendela tertutup di hari yang hangat jika menggunakan penyejuk udara, karena jendela yang terbuka meningkatkan gesekan angin dan akan meningkatkan penggunaan bahan bakar cukup banyak.
  • Pastikan tekanan ban kendaraan Anda diatur ke tingkat yang direkomendasikan, hal ini akan membantu untuk mengurangi jumlah bahan bakar yang dibutuhkan selama perjalanan. Juga pastikan barang-barang berat yang tidak diperlukan dikeluarkan dari kendaraan.
  • Tanyakan apakah keluarga atau teman dekat ingin menitip sesuatu ketika Anda pergi berbelanja, hal ini dapat membantu untuk mengurangi tingkat perjalanan transportasi.
  • Pertimbangkan untuk membeli jenis hibrida atau listrik ketika membeli kendaraan yang baru. Hal ini dapat membantu untuk mencegah dampak masa depan akibat pemanasan global.

Rumah
  • Anda dapat mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai untuk membantu mengurangi konsumsi energi pada saat pembuatan produk baru.
  • Pastikan Anda memiliki ventilasi yang tepat dan cukup di rumah. Hal ini tidak hanya dapat mengurangi pemakaian energi untuk alat pendingin ruangan di rumah, tapi juga menghemat tagihan listrik rumah Anda.
  • Manfaatkan bola lampu hemat energi yang akan mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk menerangi ruangan. Bola lampu hemat energi biasanya lebih tahan lama dan dapat menghemat lebih banyak uang dibandingkan bola lampu pijar tradisional.
  • Ketika membeli peralatan listrik baru untuk di rumah, seperti mesin cuci, lemari es atau komputer, pertimbangkan untuk membeli produk-produk hemat energi.
  • Salah satu metode paling mudah untuk mencegah pemanasan global di masa depan adalah dengan memastikan semua peralatan dimatikan saat tidak digunakan dan tidak diperlukan. 
  • Ketika ingin membeli bahan makanan, cobalah untuk mencari produk lokal. Karena produk lokal menempuh jarak lebih pendek untuk sampai ke kulkas Anda daripada alternatif lain yang tersedia.
  • Pertimbangkan membeli panel surya atau sistem energi terbarukan sebagai sumber listrik di rumah Anda.

Kesimpulan
Ada banyak cara untuk mencegah pemanasan global di masa depan dan sebagian di antaranya telah disebutkan di atas. Tujuannya adalah untuk mengurangi konsumsi energi dengan cara apapun yang memungkinkan bagi kita. Semakin sedikit energi yang kita gunakan, maka akan semakin sedikit pula energi dari bahan bakar fosil yang kita gunakan, dan akhirnya semakin mengurangi kontribusi kita terhadap pemanasan global.


IndoEnergi Home