Daur Ulang Kertas

Mendaur-ulang kertas merupakan cara terbaik untuk menghemat energi, dan mengurangi sebagian beban pada lokasi pembuangan sampah, serta mengurangi dampak negatif lingkungan sekitarnya.

Sebuah studi di sekitar tahun 2003 hingga 2004 menunjukkan bahwa hampir sepertiga limbah rumah tangga yang dikumpulkan untuk didaur-ulang di Inggris terdiri dari produk kertas dan karton.

Pada saat yang sama, diperkirakan sekitar 1,3 juta ton sampah kertas mampu dikumpulkan. Angka ini mungkin terdengar signifikan, namun hanya menyumbang sebagian kecil dari jumlah keseluruhan sampah kertas. Diperkirakan bahwa sejumlah besar produk kertas dan karton berakhir di tempat pembuangan sampah pada periode ini.

Banyak orang percaya bahwa mendaur-ulang kertas akan menghemat banyaknya pohon yang ditebang, namun, hal ini merupakan kesalahpahaman yang umum. Penjelasannya terletak pada pabrik kertas, yang menanam bahan baku pohon sendiri dengan sistem rotasi. Metode ini berupa menanam pohon baru sebagai pengganti pohon-pohon tua yang ditebang untuk membuat produk kertas.

Mendaur-ulang kertas dapat menghemat banyak energi yang harus digunakan untuk membuat produk kertas atau kardus baru. Jika kita mendaur-ulang kertas, hal ini berarti kita mengurangi jumlah energi yang diperlukan untuk menebang, mengangkut, dan memproses pohon menjadi produk jadi.

Diperkirakan untuk membuat 1 ton kertas dibutuhkan lebih dari 15 batang pohon dan sekitar 7.000 galon air. Juga telah diperkirakan bahwa produksi kertas memerlukan lebih banyak energi per ton daripada proses manufaktur kaca, dan bahkan manufaktur baja.

Daur ulang produk kertas dan karton dapat menghemat sekitar 30 - 70% energi yang diperlukan untuk memproduksi kertas dari bahan-bakunya.

Ketika produk kertas dikirim ke tempat pembuangan sampah, metana dilepaskan saat kertas membusuk. Gas metana berbahaya bagi lingkungan, dan banyak ilmuwan yang percaya bahwa meningkatnya jumlah metana dan karbon dioksida di udara adalah dua faktor utama penyebab perubahan iklim.

Ada banyak alasan mengapa kita harus mendaur-ulang suatu produk, dan informasi di atas menggambarkan betapa banyak dampak positif daur ulang kertas bagi lingkungan kita.


Apakah anda tahu?  
Mendaur-ulang 1 ton kertas dapat menghemat:
  • 17 Batang Pohon 
  • 380 galon BBM
  • 3 yard kubik lahan TPA
  • 4000 Kw energi
  • 7000 galon air



IndoEnergi Home