Efek Pemanasan Global

Ada banyak efek pemanasan global yang telah kita alamai saat ini atau mungkin akan kita hadapi di masa depan. Namun cukup sulit untuk menunjuk siapa yang bertanggung jawab atas peristiwa ini, karena kita memang belum lama menyadari mengenai pemanasan global dan perubahan iklim.

Ada bukti kuat yang menunjukkan planet kita semakin panas, namun ada sedikit bukti yang dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi penyebab tunggalnya.
Ketika suhu rata-rata planet bumi mengalami peningkatan, kita cenderung melihat efeknya di banyak bidang yang berbeda. Salah satu efek yang paling disorot adalah naiknya permukaan laut. Banyak kota di dunia yang terletak di bawah permukaan, sehingga hal ini bisa membahayakan secara ekonomi atau bahkan bisa mengancam jiwa manusia.

Penyebab utama kenaikan permukaan air laut adalah mencairnya geyser dan es di laut daerah kutub. Hal ini tidak hanya menimbulkan ancaman di beberapa kota-kota pesisir, tapi juga merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup beberapa spesies hewan seperti beruang kutub.

Naiknya permukaan laut juga bisa memberikan efek signifikan terhadap pertanian dan bisa menjadi penyebab kekurangan pangan dunia di masa depan.

Pemanasan global dapat berpengaruh pada cadangan pangan dunia. Meningkatnya suhu bisa menjadi penyebab penyebaran penyakit tropis di masa depan karena migrasi serangga. Hal ini menjadi perhatian utama bagi banyak pemerintah di seluruh dunia yang mungkin tidak siap bila hal seperti ini terjadi.

Banyaknya kejadian cuaca ekstreme akhir-akhir ini oleh beberapa ilmuwan juga dipercaya berkaitan erat dengan pemanasan global. Energi matahari merupakan penyebab berhembusnya angin di planet bumi, dan meningkatnya panas matahari yang terperangkap di atmosfer bumi dapat menyebabkan hembusan angin lebih kuat dan kencang.

Meningkatnya suhu akibat pemanasan global juga cenderung menyebabkan peningkatan curah hujan, menyebabkan banjir yang lebih luas, dan akhirnya menyebabkan dampak ekonomi yang serius.

Dari efek-efek yang disebabkan pemanasan global di atas, mungkin yang paling serius adalah naiknya permukaan air laut, karena proses ini kemungkinan akan mempengaruhi kehidupan dengan jangkauan yang sangat luas. Karena itulah dunia membutuhkan langkah nyata untuk segera menghentikannya.


IndoEnergi Home