Energi Angin dan Surya Dapat Membantu Berhemat

Untuk memenuhi kebutuhan energi seraya mengurangi biaya energi dan menjaga lingkungan, semakin banyak pemilik rumah yang mempertimbangkan manfaat angin dan tenaga surya sebagai sumber energi. Sumber-sumber energi yang bersih dan efisien ini merubah cara pandang dunia terhadapa energi.

Pro dan Kontra Energi Angin dan Surya
Turbin angin akan mengubah energi kinetik menjadi energi mekanik yang menggerakkan generator untuk menghasilkan energi listrik yang bersih. Jika Anda ingin berinvestasi menggunakan energi angin dan surya, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor.

Pertama, properti Anda harus memiliki sumber daya angin yang baik dan Anda harus menghubungi pemerintah setempat untuk memastikan bahwa menara tinggi diizinkan di daerah Anda. Sistem energi angin adalah salah satu sistem energi terbaharukan di rumah yang paling hemat biaya. Tergantung pada sumber daya angin di wilayah Anda, sistem energi angin yang kecil dapat menurunkan tagihan listrik hingga 90%, dan turut serta mengurangi pencemaran lingkungan.

Listrik tenaga surya adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sistem yang menggunakan tenaga matahari untuk menghasilkan listrik.

Panel fotovoltaik dan alat lain bekerja untuk memanfaatkan energi matahari dengan mengkonversi sebagian energi pada sinar matahari menjadi bentuk energi listrik yang juga bersih. Tenaga surya merupakan sumber daya yang baik jika daerah Anda mendapat pancaran sinar matahari yang cukup dan tinggal di daerah perkotaan.
Listrik tenaga surya dapat digunakan untuk menyediakan air panas di rumah, pemanas kolam renang dan listrik untuk lampu dan peralatan rumah lainnya.

Memilih antara sistem pemanfaatan energi angin atau surya bukanlah keputusan yang sulit. Anda harus menentukan berapa banyak listrik yang dibutuhkan dan berapa banyak yang mampu Anda belanjakan untuk membuat sistem ini, serta faktor lingkungan yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan.

Teknologi pada industri listirk tenaga surya telah maju dengan cepat dan komponennya menjadi jauh lebih murah. Namun, ingatlah bahwa menginstal panel berlebihan di atap rumah merupakan sebuah pemborosan.

Jika Anda tinggal di daerah yang terbuka dimana hari-hari umumnya berangin, maka listrik energi angin mungkin pilihan terbaik bagi Anda.

Manfaat Listrik Tenaga Angin dan Surya di Rumah Bagi Lingkungan
Tidak peduli sistem mana yang Anda pilih, listrik tenaga angin dan tenaga surya menawarkan manfaat lingkungan yang penting bagi semua orang. Sistem ini mengurangi jumlah karbon dioksida yang dipancarkan ke udara, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara. Hal ini terjadi karena berkurangnya jumlah listrik yang dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar polutan.

Jika kita semua berusaha untuk membuat bangunan yang lebih hemat energi, maka kita bisa menyelamatkan lingkungan dan memastikan bahwa ada sumber daya terbarukan untuk generasi mendatang.


IndoEnergi Home