Energi Angin Untuk di Rumah

Angin merupakan sumber energi terbarukan. Energi angin dapat dimanfaatkan dengan mengubah energi kinetik udara menjadi listrik.

Banyaknya listrik yang kita dapatkan tergantung pada kecepatan angin rata-rata di daerah kita. Dan pada akhirnya, meski kita harus membeli turbin angin dengan harga tinggi, turbin angin bisa membantu kita untuk berhemat.

Ukuran turbin yang diperlukan untuk digunakan di rumah kita tergantung pada kecepatan angin. Turbin digunakan dengan memanfaatkan gaya gesek angin dan baling-baling dan menggunakan tenaganya untuk menghasilkan listrik. Turbin yang paling baik untuk digunakan di rumah adalah turbin kecil atau turbin mikro.

Untuk dapat menghasilkan listrik, baling-baling akan berputar ketika angin bertiup. Kekuatan angin menentukan jumlah listrik yang dihasilkan.

Ukuran Turbin yang Dibutuhkan di Rumah
Turbin angin untuk di rumah terdiri dari dua jenis: yang dipasang di atap dan di tanah. Yang dipasang di atap biasanya turbin 1-2kW. Turbin yang dipasang di tanah biasanya turbin 2,5-6kW, sangat baik bila didirikan pada lingkungan yang lapang.

Jika Anda khawatir instalasi listrik tenaga angin dapat mengganggu penerimaan sinyal TV atau menimbulkan kebisingan, sebenarnya hal ini tidak akan pernah terjadi. Benar sebuah turbin kecil akan menimbulkan kebisingan, tapi suara yang dihasilkan lebih lemah dibandingkan dengan yang dikeluarkan oleh mesin cuci. Penerimaan sinyal TV juga tidak akan terpengaruh.

Anda juga tidak perlu mengganti kabel listrik di rumah Anda, cukup gunakan kabel yang telah terpasang sebelumnya.

Menghasilkan Energi Secara Mandiri di Rumah
Energi angin tidak hanya menghemat biaya listrik, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya. Energi angin ramah lingkungan karena merupakan sumber energi terbarukan dan tidak melepaskan polutan berbahaya, seperti emisi karbon ke udara. Listrik energi angin dapat disimpan dalam baterai untuk digunakan bila angin tidak berhembus.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menginstal turbin tenaga angin di rumah kita. Periksa izin dari pemerintah lokal jika memang diperlukan izin sebelum menginstalnya. Untuk listrik yang akan diproduksi, kita harus bertempat tinggal di wilayah yang anginnya rata-rata berhembus lebih dari 5m/s. Turbin bekerja sangat baik bila didirikan di lingkungan terbuka yang bebas dari rintangan seperti pohon, bukit atau bangunan tinggi. Hambatan tersebut bisa memperlemah hembusan angin.

Untuk menndapatkan manfaat maksimal dari listrik energi angin, isi daya baterai setiap kali ada kelebihan listrik, belilah produk-produk hemat energi dan optimalkan energi yang diproduksi, misalnya mencuci pakaian pada saat angin sedang berhembus kencang.

Sebagai pemeliharaan, baling-baling dan turbin harus diperiksasecara teratur. Turbin angin yang dipelihara dengan baik dapat bertahan sampai dua puluh tahun.


IndoEnergi Home