Gas CNG Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Apa itu CNG?
CNG adalah gas alam di bawah tekanan yang pasti, tidak berbau, dan non-korosif. Meskipun kendaraan dapat menggunakan gas alam baik dalam bentuk cair atau gas, kendaraan kebanyakan menggunakannya dalam bentuk gas yang dikompresi pada tekanan di atas 3.100 pound per inci persegi.

Bagaimana gas alam yang dihasilkan?
Sebagian besar gas bumi berasal dari tiga jenis sumur: sumur gas alam dan kondensat, sumur minyak, dan sumur coal bed methane. Gas alam membutuhkan proses pemurnian sebelum dapat digunakan pada kendaraan atau di rumah.

Bagaimana CNG disimpan?
Di stasiun pengisian bahan bakar dan pada kendaraan, CNG disimpan dalam tangki berdinding baja tebal, tangki aluminium, atau tangki komposit yang dibuat untuk dapat bertahan lebih dari 20 tahun.

Apa manfaat menggunakan gas alam pada alat transportasi?
Gas alam dihasilkan di seluruh dunia dengan biaya yang relatif rendah dan pembakaran yang lebih bersih daripada bensin atau solar. Kendaraan yang menggunakan gas alam menunjukkan pengurangan rata-rata 80 persen gas rumah kaca dibandingkan dengan kendaraan bensin.

Jenis kendaraan apa saja yang menggunakan gas alam?
Kendaraan CNG telah diperkenalkan dalam berbagai aplikasi komersial, dari truk ringan sampai sedan, seperti taksi, truk pekerjaan menengah - van jasa pengiriman dan kendaraan pos-, truk tugas berat - truk sampah -, dan bus sekolah.


IndoEnergi Home