Gasifikasi Batubara Sebagai Teknologi Batubara Terbersih

Jangan berpikir batubara sebagai batuan hitam yang keras. Anggap saja sebagai massa atom. Sebagian besar terdiri dari atom-atom karbon. Dan hidrogen. Dan juga atom lainnya, seperti sulfur dan nitrogen. Ahli Kimia dapat mengambil massa atom, memisahkannya, dan membuat bentuk zat baru - menjadi gas!

Bagaimana memecah atom batubara? Kita mungkin berpikir caranya adalah menggunakan palu godam, namun sebenarnya yang dibutuhkan adalah air dan panas. Panaskan batubara di dalam bejana logam besar, tambahkan uap (air), dan atom batubara akan terpisah. Menjadi apa?

Atom-atom karbon bergabung dengan oksigen yang ada di udara (atau oksigen murni dapat disuntikkan ke dalam bejana). Atom-atom hidrogen bergabung satu sama lain. Hasilnya adalah campuran karbon monoksida dan hidrogen - berupa gas.
gasifikasi batubara


Sekarang, apa yang bisa kita lakukan dengan gas tersebut?
konsep gasifikasi
Kita dapat membakarnya dan menggunakan gas panas hasil pembakaran untuk memutar turbin gas untuk menghasilkan listrik. Gas buangan yang keluar dari turbin gas cukup panas untuk mendidihkan air untuk menghasilkan uap yang dapat memutarkan turbin lainnya dan menghasilkan lebih banyak listrik. Tapi mengapa harus susah-susah mengubah batubara menjadi gas jika selanjutnya yang kita lakukan adalah membakarnya?

Alasan utama adalah bahwa kotoran dalam batubara - seperti sulfur, nitrogen dan banyak elemen lainnya - hampir seluruhnya dapat disaring saat batubara diubah menjadi gas (proses yang disebut gasifikasi). Bahkan, para ilmuwan memiliki cara untuk menghilangkan 99,9%  sulfur dan partikel kotoran kecil dari gas batubara. Gasifikasi batubara adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan polusi batubara.

Alasan lain adalah bahwa gas batubara - karbon monoksida dan hidrogen - tidak harus dibakar. Mereka juga dapat digunakan sebagai bahan kimia yang berharga. Para ilmuwan telah mengembangkan reaksi kimia yang mengubah karbon monoksida dan hidrogen menjadi berbagai bentuk, mulai dari bahan bakar cair untuk mobil dan truk sampai sikat gigi plastik!

Gasifikasi batubara bisa menjadi salah satu cara yang paling menjanjikan untuk pemanfaatan batubara di masa depan guna menghasilkan listrik dan produk berharga lainnya. Namun, ini hanyalah salah satu dari pemrosesan energi yang disebut "teknologi batubara bersih" - teknologi yang dapat membuat bahan bakar fosil menjadi bahan bakar masa depan.


IndoEnergi Home