Jenis dan Manfaat Sistem Boiler Biomassa

Sistem boiler biomassa menggunakan biomassa untuk menghasilkan panas dan listrik yang dapat digunakan untuk mendidihkan berbagai macam material. Ada sekitar empat jenis sistem yang menggunakan biomassa sebagai penghasil panas bagi boiler. Sistem-sistem ini adalah sistem berbahan bakar pelet, sistem full otomatis, sistem semi-otomatis  dan combined heat and power system (sistem gabungan panas dan listrik). Dewasa ini, penggunaan boiler biomassa terus meningkat sebagai penghasil energi terbarukan. Boiler biomassa merupakan alternatif pengganti terbaik bagi boiler minyak atau gas. Berikut ini adalah 4 jenis sistem boiler biomassa.

Combined Heat and Power System (CHP)
CHP menggunakan limbah kayu seperti potongan dan serpihan kayu untuk menghasilkan listrik, serta panas sebagai produk sampingannya. Karena menghasilkan tekanan yang tinggi, biaya yang dibuthkan juga relatif tinggi dan juga wajib untuk memiliki operator yang memenuhi syarat untuk mengoperasikan sistem ini. Sistem ini lebih nyaman untuk digunakan di tempat-tempat yang membutuhkan panas dan listrik seperti di rumah sakit dan tempat penginapan.

Sistem Full Otomatis
Sistem boiler otomatis menggunakan limbah atau serpihan kayu sebagai bahan bakar. Limbah kayu dimasukkan ke tangki penyimpanan dan kemudian konveyor mengangkut biomassa ini ke dalam boiler dalam jumlah yang terkendali. Sistem ini berjalan dan mati secara otomatis untuk menjaga suhu dan tekanan yang dihasilkan selama operasi. Penggunaan sistem otomatis lebih efektif karena hanya membutuhkan operator komputer untuk menjalankan sistem.

Sistem Semi Otomatis
Sistem semi otomatis mirip dengan sistem full otomatis, namun masih menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya. Sistem ini memiliki tangki kapasitas yang lebih kecil dan sistem konveyor sederhana yang membutuhkan manusia untuk mengontrolnya.

Sistem Berbahan Bakar Pelet
Sistem berbahan bakar pelet tentu saja menggunakan pelet sebagai bahan-bakarnya, pelet merupakan bentuk olahan dari kayu. Pelet dipindahkan dari silo penyimpanan ke boiler dengan menggunakan gaya gravitasi. Meskipun pelet harganya mahal, namun pelet lebih efisien dan membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan karena sifatnya yang padat dan oleh karenanya bisa mengurangi biaya penyimpanan. Sistem ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan tetapi lebih baik untuk digunakan pada ruang yang terbatas dan tempat-tempat yang sulit menggunakan sistem conveyor.

Sisetm boiler biomassa otomatis



Keuntungan Sistem Boiler Biomassa
Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan dari sistem boiler biomassa:
Salah satu keuntungan menggunakan boiler biomassa dibandingkan dengan boiler minyak atau gas adalah biaya dan ketersediaan bahan-bakarnya. Penggunaan chip kayu relatif murah dan meskipun kepadatan energinya rendah, dapat digunakan dengan feeder otomatis pada sistem 24-jam sehari. Dalam penggunaan skala besar, boiler biomassa dianggap berbahan-bakar yang paling ekonomis mengingat harga BBM internasional semakin tinggi, limbah kayu dapat dikonversi menjadi serpihan kayu sebagai bahan bakar operasional sistem boiler biomassa. Mengenai masalah ketersediaan, limbah kayu tidak butuh untuk diimpor dari negara lain karena setiap negara menggunakan kayu untuk berbagai kegunaan internal dan karenanya limbah kayu akan cukup tersedia.

Keuntungan lain dari penggunaan sistem boiler biomassa adalah karena sistem ini menggunakan limbah dan residu dari industri atau perkotaan, hutan, dan pertanian  untuk menghasilkan listrik dan panas dengan lebih sedikit efek negatif terhadap lingkungan. Karbon yang terdapat pada biomassa adalah bagian dari siklus karbon alami dan karena itu menghasilkan efek yang sangat kecil terhadap lingkungan, karena tidak menambah jumlah karbon di alam seperti yang ditimbulkan oleh boiler minyak dan gas. Penggunaan bahan bakar biomassa mengurangi emisi gas rumah kaca. Bahan bakar biomassa juga membantu mengelola limbah kayu yang bisa mengganggu lingkungan.

Keuntungan lainya adalah penggunaan boiler berbahan bakar limbah kayu dapat digunakan di setiap rumah. Jika Anda ingin memiliki sumber energi yang efektif, tersedia dengan baik dan terbarukan, Anda bisa memanfaatkan biomassa sebagai sumber energi alternatif.


IndoEnergi Home