Keuntungan Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah bentuk energi yang dihasilkan dari sumber daya alam seperti angin, matahari, panas, hujan, panas bumi, dan air pasang. Energi terbarukan dapat diisi ulang saat sedang digunakan. Ada beberapa keuntungan menggunakan jenis energi ini, seperti:

Energi terbarukan ramah lingkungan, energi jenis ini tidak menimbulkan efek negatif bagi lingkungan ketika digunakan. Karenanya dengan kita menggunakan energi terbarukan, bumi tidak tercemar polusi. Hal ini merupakan langkah besar dalam mengendalikan pemanasan global, yang merupakan salah satu unsur yang menyebabkan degradasi lingkungan. Lingkungan kita juga diselamatkan bilamana manusia tidak menambang/mengebor bahan bakar fosil. Hal ini berarti tidak ada masalah seperti tumpahan minyak, bahan kimia yang terbuang, dan penggalian serta pengeboran pada lahan pertanian dan gurun.

Energi terbarukan adalah bentuk energi yang berkelanjutan karena menggunakan sumber daya alamiah. Hal ini berarti energi terbarukan dapat diandalkan dan kita dapat menggunakannya setiap saat tanpa masalah. Energi terbarukan juga digunakan untuk waktu yang lama sebagai sumber energi yang tidak akan habis. Energi terbarukan lebih murah daripada bentuk-bentuk energi lainnya sehingga memungkinkan kita untuk menghemat ongkos energi. Energi terbarukan juga dapat diproduksi secara lokal yang berarti negara tidak harus mengekspor energi dari luar negeri. Hal ini berarti energi terbarukan dapat menjadi bisnis lokal serta memberdayakan masyarakat sekitar.

Industri energi terbarukan akan membantu menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor. Hal ini sangat baik bagi perekonomian, dan akan bermanfaat bagi negara secara keseluruhan. Energi terbarukan juga membantu meningkatkan gaya hidup kita dan membuat kita lebih bahagia. Menggunakan energi terbarukan akan membantu menstabilkan harga, yang baik bagi kita semua, karena kita dapat menghemat banyak uang dan menghindari fluktuasi harga energi.

Energi terbarukan adalah kesempatan bisnis yang besar,
karena kita dapat memproduksi dan memanfaatkan lebih banyak energi dan menjual sisanya sebagai sumber pendapatan sampingan (di beberapa negara listrik lebih dari panel surya bisa dijual ke perusahaan listrik). Menggunakan energi terbarukan juga menguntungkan untuk bisnis. Hal ini karena beberapa pihak lebih suka untuk bekerja sama dengan perusahaan yang menggunakan energi yang berkelanjutan, dan banyak juga konsumen yang hanya mau membeli produk yang diproduksi oleh industri hijau.

Energi terbarukan aman digunakan dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil biasanya menghasilkan racun yang menyebar ke udara, yang berbahaya dan dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan  atau mengakibatkan hujan asam. Hal ini bisa menjadi kerugian besar karena akan meningkatkan tagihan medis dan kerusakan properti.

Salah satu sumber energi terbarukan adalah limbah,  karenanya energi terbarukan dapat menimalkan limbah yang dibuang ke lingkungan. Hal ini tentu saja akan membantu meningkatkan kebersihan pada lingkungan dan bumi kita.


IndoEnergi Home