Keuntungan Penggunaan Biofuel Biodiesel

Seiring dengan perkembangan biofuel dan biodiesel yang terus tumbuh, pemanfaatan bahan bakar alternatif hijau ini terus bermunculan.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan bahan bakar biodiesel yang sekarang mulai mendapat apresiasi.

Produksi Biofuel Biodiesel 
Pertama, biofuel biodiesel memiliki sumber daya yang hampir tak terbatas untuk diproduksi. Selain itu, pembuatan biofuel yang awalnya dimulai dari pemanfaatan biji jagung dan kedelai, teknologinya saat ini sudah jauh berkembang.

Sekarang kita dapat menggunakan "virgin oil" yang dapat dibuat dari berbagai jenis tanaman dan vegetasi yang berbeda, bahkan diantaranya sering kita gunakan di dapur pada saat ini. Misalnya, minyak sawit yang digunakan untuk menumis dan memasak makanan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk memproduksi bahan bakar yang dapat menjalankan mobil dan truk.

Dan tidak hanya "virgin oil". Minyak nabati berbasis sayur-sayuran dan juga air limbah dapat digunakan untuk mengembangkan biodiesel biofuel dewasa ini.

Dengan tambahan prosedur untuk memurnikan dan mengekstraksi kontaminan, kedua sumber bahan baku ini menjadi sangat baik untuk memproduksi biodiesel. Ini berarti kita dapat mendaur ulang bahan limbah sedemikian rupa sehingga masyarakat dunia dapat menuai keuntungan yang lebih besar dari biodisel biofuel.

Biofuel Biodiesel untuk Mobil
Manfaat tambahan dari biofuel biodiesel juga didapatkan oleh injektor dan filter bahan bakar. Penelitian menunjukkan bahwa biodiesel dapat membilas kontaminan yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi pada kedua bagian ini. Hal ini menunjukkan bahwa mesin akan berjalan lebih efisien, dan tidak akan memerlukan penggantian injeksi bahan bakar dengan frekuensi yang sering seperti saat ini yang dialami saat menggunakan bahan bakar berbasis minyak bumi.

Catatan lain yang menarik adalah, ketika kendaraan sudah diganti dari memakai bahan bakar diesel berbasis minyak bumi menjadi bahan bakar nabati biodiesel, dianjurkan untuk mengganti filter dalam jangka enam sampai delapan ratus mil. Alasannya adalah biofuel akan membersihkan injector dari residu yang telah terakumulasi dari jenis bahan bakar sebelumnya. Setelah pergantian filter yang pertama kali, Anda akan melihat peningkatan yang nyata pada efisiensi mesin.

Ada banyak alasan lain untuk mulai menggunaan biodiesel. Riset dan penelitian biofuel biodisel terus dilakukan. Dan kita akan segera mendapati bahwa daftar manfaat biofuel biodiesel akan terus semakin panjang.


IndoEnergi Home