Lima Tips Daur Ulang

Efek pemanasan global sudah di depan mata! Kita bisa merasakan fenomena cuaca ekstrim yang terus meningkat akhir-akhir ini. Peristiwa ini memerlukan tindakan pencegahan yang segera dari kita semua. Kita semua harus bertindak sekarang juga dengan upaya sadar guna mengurangi jejak karbon individu sehingga kita dapat turut serta dalam mencegah hal-hal yang terburuk bagi planet kita. Berikut adalah beberapa tips menarik mengenai daur ulang yang dapat membantu kita mengurangi jejak karbon tanpa mempengaruhi gaya hidup kita:

  • Buatlah tempat sampah daur ulang mudah diakses. Pikirkan hal ini, alasan yang paling umum sehingga barang-barang yang bisa didaur ulang masuk ke tempat sampah konvensional adalah karena tempat sampah konvensional berlokasi di dapur sedangkan tempat sampah daur ulang mungkin berada di tempat-tempat terpencil seperti tersembunyi di bawah tangga atau di halaman belakang rumah, atau malah menganggur di gudang. Jadi, dengan meletakkan tempat sampah daur ulang di samping tempat sampah konvensional, kita dapat memastikan tempat sampah daur ulang berfungsi secara maksimum.
  • Di tempat mengumpulkan sampah-sampah daur ulang, pastikan kita memiliki tiga tempat yang berbeda untuk memilah-milah kertas, plastik dan kaca dengan mudah.
  • Anak-anak seringkali lebih terdidik mengenai daur ulang dibandingkan orang dewasa sehingga kita dapat melibatkan mereka untuk memantau apakah proses daur ulang telah dilakukan dengan benar di rumah. 
  • Perhatikan mengenai jenis barang-barang yang bisa di daur ulang dan yang mana yang dapat diterima oleh pengepul barang daur ulang. Pengepul yang berbeda bisa jadi hanya menerima barang-barang yang berbeda pula.
  • Kita dapat mendukung kegiatan daur ulang dengan memastikan item yang akan dibeli dapat didaur ulang. Dengan cara ini kita dapat mempromosikan kegiatan daur ulang dan menghargai produsen yang memproduksi produk-produk daur ulang.

Demikianlah lima tips sederhana daur ulang yang tidak sulit untuk diterapkan dan jika kita semua menjalankannya, tentu saja kita dapat menyumbang dampak positif pada pengurangan jejak karbon di planet bumi.


IndoEnergi Home