Memilih Kompor Biomassa

Harga BBM terus merangkak naik selama bertahun-tahun karena meningkatnya biaya pengeboran dan pengolahan minyak serta kondisi geopolitik, sehingga banyak orang dipaksa untuk mencari sumber daya alternatif untuk berbagai keperluan seperti memasak dan menghangatkan ruangan, dan kompor biomassa merupakan alternatif yang sangat baik. Ada kompor biomassa yang diproduksi khusus untuk pemanas ruangan atau memasak. Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih kompor biomassa.

Fitur Kompor
Semua kompor biomassa pada dasarnya sangat efisien tetapi ada beberapa kompor model baru yang memiliki fitur lebih baik yang meningkatkan efisiensi mereka dan juga memiliki desain yang baik dan sangat menarik. Kompor ini dapat menggunakan bahan yang berbeda untuk menghasilkan panas dan tentu saja akan menurunkan biaya tagihan listrik di rumah hingga minimum. Desain kompor terdahulu menghasilkan banyak asap dan karenanya mereka tidak umum digunakan. Kompor model baru dirancang sedemikian rupa sehingga mereka dapat menekan jumlah buangan asap dan hanya menghasilkan  sejumlah kecilnya yang tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan.

Jenis Kompor
Ketika memilih kompor biomassa untuk digunakan di rumah, Anda harus memilih kompor yang dapat membakar berbagai bahan dan bukan pelet saja, karena bila terjadi kelangkaan pelet maka kompor hanya dapat digunakan kembali ketika suplai pelet tersedia lagi. Ada juga beberapa model kompor yang dioperasikan oleh sebuah chip komputer dan menggunakan tombol power. Kompor model ini harganya sangat mahal tapi sangat efektif karena memiliki blower yang mensirkulasi udara panas di ruang tempat kompor ditaruh dan juga bisa membersihkan abu keluar setiap jam.

Efek Pada Lingkungan dan Efisiensi
Dianjurkan untuk membeli kompor biomassa yang ramah lingkungan, tidak mencemari udara dan lingkungan sekitar. Kompor biomassa saat ini ada yang diproduksi menggunakan teknologi terbaru sehingga mereka memiliki katalisator pembakar yang membakar sebagian besar asap dan gas polusi yang dihasilkan oleh biomassa seperti kayu dan serbuk gergaji ketika dibakar dalam kompor. Karena kompor juga membakar polutan, mereka meningkatkan efisiensinya hingga 15%, sebuah jumlah yang cukup besar.

Jumlah Biomassa yang Diperlukan untuk Dibakar
Dianjurkan pula untuk memilih kompor biomassa yang mengkonsumsi sedikit biomassa dan bekerja dengan sufisien. Banyak  kompor biomassa di pasaran yang dirancang untuk menggunakan sejumlah besar biomassa namun tidak memiliki fitur yang baik.
Di lain pihak ada perusahaan yang mengembangkan kompor biomassa yang menggunakan biomassa yang sangat sedikit dan mereka berfungsi dengan baik.

Anda dapat browsing melalui internet untuk menemukan desain kompor biomassa terbaru dan Anda bisa membelinya dengan menghemat waktu dan tenaga tanpa harus pergi dari toko ke toko. Anda juga dapat membandingkan harganya sehingga mendapatkan kompor biomassa yang cocok untuk digunakan di rumah sebagai pemanas ruangan dan/atau alat memasak.


IndoEnergi Home