Mengapa Daur Ulang itu Penting?

Alasan utama mengapa kita semua harus melakukan daur ulang produk lebih karena alasan-alasan berikut:
  • Penghematan Energi.
  • Penghematan Material Produk.
  • Pengurangan Sampah di Tempat Pembuangan Sampah.
  • Membantu Kelestarian dan Keasrian Lingkungan.

Penghematan energi merupakan hal yang penting jika kita ingin mengurangi dampak pemanasan global. Jika kita mendaur ulang sebuah keleng aluminium, kita mampu menghemat energi yang cukup untuk menghidupkan TV selama sekitar 3 jam. Hal ini tentu  tergantung pada konsumsi energi TV kita, tetapi ini bisa menjelaskan seberapa banyak energi dapat dihemat melalui proses daur ulang produk.

Mengapa Daur Ulang Penting?
Penghematan energi menjadikan isu daur ulang semakin penting. Diperkirakan (di AS) surat kabar yang dibuang setiap hari setara dengan sekitar setengah juta pohon dibuang ke tempat pembuangan sampah setiap minggu.

Pengurangan sampah yang dibuang sangat penting untuk membersihkan lingkungan, dan membuat tanah kembali pada keadaan alaminya. Informasi di atas tadi menunjukkan berapa banyak limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah tiap minggu, hanya untuk satu jenis produk (surat kabar saja).

Kita dapat membantu lingkungan dengan berbagai cara mendaur-ulang. Penting untuk disadari, dengan mendaur-ulang berarti kita tidak hanya mengurangi sampah di saat ini saja, tetapi juga menghemat biaya berdirinya TPA di masa depan yang mungkin diperlukan sebagai akibat over kapasitas.


Hal-hal Yang Dapat Kita Lakukan
Jika Anda memahami alasan mengapa Anda harus mendaur ulang, dan ingin menciptakan suatu perbedaan, berikut ini merupakan daftar tips bermaat yang dapat digunakan untuk mendaur ulang.
  • Banyak rumah di Inggris, dan negara lain di dunia yang sekarang memiliki kotak sampah daur ulang. Segera manfaatkan kotak sampah daur ulang ini, dan luangkan waktu untuk mengisinya. Jika kita tidak memiliki kotak sampah jenis ini, kita dengan mudah dapat membeli wadah-wadah untuk masing-masing produk yang dapat didaur ulang (misalnya kertas, plastik, dan kaca), dan kemudian mengirimkannya ke pengepul sampah daur ulang di wilayah setempat.
  • Cobalah berbelanja dengan bijaksana. Carilah produk yang tidak memiliki banyak kemasan. Ketahuilah bahwa di Amerika Serikat, sekitar $ 1 dari setiap $ 11 harga makanan adalah untuk biaya kemasan. Cobalah juga untuk seminimal mungkin menggunakan kantong plastik karena kantong plastik merupakan jenis sampah yang paling banyak dibuang.
Kedua hal di atas sebenarnya menunjukkan betapa mudahnya bagi kita untuk mengurangi dampak pembuangan sampah di TPA, dan juga merupakan fakta untuk menunjukkan mengapa proses daur ulang itu sangat penting.


IndoEnergi Home