Menghemat Energi

Beberapa jenis energi yang kita gunakan disebut energi terbarukan. Diantaranya adalah energi matahari, angin, panas bumi dan tenaga air. Jenis energi ini dapat terus-menerus diperbaharui atau dipulihkan.

Tetapi banyak bentuk lain energi yang kita gunakan di rumah dan mobil tidak dapat diproduksi ulang. Bahan bakar fosil membutuhkan waktu jutaan tahun untuk diciptakan. Mereka tidak dapat dibuat dalam semalam.
Setelah mereka habis, jenis energi ini tidak dapat digunakan lagi. Jadi, kita semua harus ambil bagian dalam menghemat energi sebanyak yang kita bisa.

Di rumah, kita dapat menghemat energi dengan mematikan peralatan rumah, TV dan komputer yang sedang tidak digunakan.
Kita juga dapat mematikan lampu ketika tidak ada orang di dalam ruangan.

Kita dapat juga memanfaatkan rancang ventilasi rumah yang baik sehingga tidak lagi membutuhkan pendingin ruangan yang boros energi.

Daur Ulang dan Hemat Energi pada Kendaraan

Untuk memproduksi surat kabar, kaleng minuman, botol plastik dan barang lainnya sebenarnya dibutuhkan banyak energi.

Dengan mendaur ulang barang-barang (menghancurkan mereka dan memproduksinya kembali) menggunakan energi lebih sedikit dari yang dibutuhkan untuk memproduksi mereka dari bahan mentah yang baru. Jadi, kita semua harus berusaha mendaur ulang sebanyak yang kita bisa.

Kita juga dapat menghemat energi melalui mobil dan kendaraan kita. Pastikan ban terpasang dengan benar. Sebuah mobil yang memiliki filter udara dan oli yang bersih, dan berjalan dengan baik akan menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

Jangan overload dalam menggunakan kendaraan dan upayakan untuk memiliki kendaraan dari jenis yang hemat bahan bakar.

Banyak cara lain yang dapat kita lakukan untuk menghemat energi. Dan ingatlah bahwa dengan menghemat energi berarti kita menghemat pengeluaran kita sekaligus turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.


IndoEnergi Home