Minyak Bumi 101

Minyak bumi merupakan bahan bakar fosil. Sumber energi tak terbaharukan ini terbentuk lebih dari 300 juta tahun lalu. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa diatom (sejenis alga, lihat wikipedia) adalah asal muasal minyak. Diatom adalah makhluk laut yang berukuran sangat kecil. Seperti tanaman, mereka dapat langsung mengkonversi sinar matahari menjadi energi yang disimpan.

Pada grafik di samping:
(1) Diatom yang mati jatuh ke dasar laut .
(2) Di sini mereka terkubur di bawah sedimen dan batuan lainnya

(3)Bebatuan tersebut memeras diatom, energi dalam tubuh mereka tidak terlepas. Karbon ini akhirnya berubah menjadi minyak di bawah tekanan  dan panas yang besar. Karena muka bumi berubah, berpindah dan berlipat, kantong-kantong di mana minyak dan gas alam dapat ditemukan terbentuk.

Minyak telah digunakan lebih dari 5.000-6.000 tahun. Bangsa Sumeria kuno, Asyur dan Babel menggunakan minyak mentah dan aspal yang dikumpulkan dari area rembesan di daerah Tuttul, di Sungai Efrat. Area rembesan adalah tempat di tanah di mana terjadi kebocoran minyak dari bawah tanah. Orang Mesir kuno, menggunakan minyak sebagai obat luka, dan minyak telah digunakan pada lampu untuk mendapatkan pencahayaan.

Laut Mati, di dekat Negara Israel modern, dulu disebut Danau Asphaltites. Kata Aspal berasal dari istilah ini, karena gumpalan minyak bumi yang lengket terdampar di tepi danau dari area-area rembesan.

Di Amerika Utara, penduduk asli Amerika mengambil minyak dari permukaan sungai dan danau. Mereka menggunakan minyak sebagai obat dan untuk membuat kano anti air. Selama Perang Revolusi, penduduk asli Amerika diajarkan oleh pasukan George Washington bagaimana mengobati gigitan dingin menggunakan minyak.

Minyak dan gas alam ditemukan di bawah tanah diantara lipatan batuan dan di daerah batuan yang berpori dan mengandung minyak dalam batuan itu sendiri. Lipatan batuan terbentuk karena pergeseran dan pergerakan bumi.

Untuk menemukan minyak dan gas alam, perusahaan perminyakan melakukan pengeboran untuk mendapatkan deposit minyak yang berada jauh di bawah permukaan tanah. Minyak dan gas alam kemudian dipompa dari bawah tanah menggunakan rig  (seperti di gambar). Dan kemudian mereka biasanya kemudian disalurkan melalui pipa atau menggunakan kapal.


IndoEnergi Home