Pemanfaatan Energi Angin di Beberapa Negara di Dunia

Turbin angin yang ramping dan modern
Banyak bentuk energi alternatif yang tersedia bagi kita, dan energi angin merupakan salah satu metode yang paling hemat biaya, bersih dan efisien sebagai pembangkit tenaga listrik. Namun, mengetahui bahwa angin merupakan sumber energi adalah satu hal - sedangkan prakteknya adalah hal yang sama sekali berbeda.

Beberapa negara berada jauh di depan dalam hal penerapan pembangkit listrik tenaga angin, sementara yang lainnya masih menganggapnya sebagai energi alternatif dan bukan merupakan sumber energi utama. Jadi, mari kita melihat perkembangan pemanfaatan energi angin di beberapa negara. Negara-begara ini bisa menjadi benchmark bagi kita.

Pemanfaatan Energi Angin Di Jerman

Negara pengguna energi angin nomor satu di dunia adalah Jerman. Jerman, menurut perkiraan, menggunakan hingga sepuluh persen dari konsumsi energi mereka yang berasal dari energi angin. Jumlah ini berasal dari pemanfaatan energi angin secara individu dan juga listrik tenaga angin yang dihasilkan olrh perusahaan listrik.

Pemanfaatan Energi Angin Di Spanyol
Tempat kedua di seluruh dunia yang menggunakan energi angin adalah Spanyol. Spanyol mampu mendapatkan energi dari angin hampir sebanyak yang didapatkan oleh Jerman. Sekali lagi, jumlah ini didapat dari penggunaan pihak swasta dan masyarakat, tetapi di Spanyol penggunanya lebih banyak dari perusahaan listrik daripada milik pribadi yang dipasang di rumah.

Pemanfaatan Energi Angin Di USA

Meskipun USA menempati tempat ketiga, pemanfaatannya lebih rendah dalam hal penggunaan energi angin per kapita dari banyak negara lain. Penggunaan energi angin, terutama di barat dan barat daya negara bagian terus meningkat. Misalnya, Texas dan Colorado merupakan kisah sukses dimana energi angin merupakan sumber energi yang banyak dipakai dari generasi ke generasi.

Pemanfaatan Energi Angin Di Denmark
Meskipun bukan negara yang sangat besar, Denmark menghasilkan sekitar 20% energi dari angin. Meskipun awalnya kita dapat mengaitkan Denmark dengan kincir angin tambun di banyak legenda dan film, saat ini mereka memanfaatkan energi angin dari turbin yang lebih ramping dan modern. Diperkirakan bahwa produsen turbin angin Denmark meraup pangsa pasar lima puluh persen di seluruh dunia.

Pemanfaatan Energi Angin Di Inggris
Secara tradisional, Inggris bukanlah pengguna energi angin. Namun, di Inggris pemanfaatannya telah meningkat sejalan dengan target penggunaan energi angin yang telah ditetapkan. Banyak platform pembangkit listrik tenaga angin yang mereka gunakan dan hasilkan berada di lepas pantai.

Seperti yang disampaikan di atas, energi angin tidak hanya efisien, bersih, dan mudah digunakan, tetapi juga semakin populer seiring waktu. Banyak negara-negara yang mulai menjajakinya dan bahkan menunjukkan jati dirinya sebagai pemimpin baru dalam industri energi alternatif.

Kapan kita akan ikut berpartisipasi?


IndoEnergi Home