Pengertian Keamanan Energi

Keamanan energi adalah istilah yang mengacu pada ketersediaan sumber daya untuk konsumsi energi dalam jangka waktu tertentu (jangka pendek atau jangka panjang untuk menjamin tersedianya energi).

Keamanan energi adalah salah satu prasyarat utama pertumbuhan ekonomi masa depan. Ekonomi dunia secara tradisional bergantung pada bahan bakar fosil (minyak, batubara dan gas alam). Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa pasokan yang cukup dari bahan bakar fosil masih merupakan satu-satunya hal yang menjamin keamanan energi masa depan.

Transisi ke energi terbarukan bisa mengubah hal ini, tapi semua perkiraan saat ini menyebutkan bahwa perekonomian dunia akan terus bergantung pada bahan bakar fosil setidaknya sampai akhir abad ini. Dengan skenario ini, bahan bakar fosil akan terus menentukan nasib masa depan keamanan energi global.

Peran energi terbarukan dalam meningkatkan keamanan energi harus terus ditingkatkan, karena semakin banyak energi yang berasal dari sumber energi terbarukan domestik berarti mengurangi impor bahan bakar dari pihak asing yang mahal.

Porsi sumber energi terbarukan dalam diversifikasi energi di suatu negara juga berarti mengurangi ketergantungan energi. Kemandirian dan keamanan energi adalah dua hal yang berkaitan erat, pada dasarnya dalam banyak kasus meningkatnya keamanan energi berarti ada peningkatan kemandirian energi (ketergantungan yang lebih rendah pada impor bahan bakar asing yang mahal).

Ada banyak ancaman bagi keamanan energi, misalnya gejolak politik di negara-negara kaya minyak, munculnya raksasa ekonomi baru (China dan India yang merupakan pesaing berat atas sumber energi), bencana alam, kecelakaan, dll.

Juga, keamanan energi tidak hanya mengacu pada jumlah sumber daya energi yang tersedia di negara tertentu tetapi juga berupa keamanan pasokan energi (jaringan distribusi yang memadai).

Energi memainkan peran penting dalam keamanan nasional di setiap negara karena tanpa energi berarti tidak ada pergerakan ekonomi, dan tanpa pergerakan ekonomi berarti tidak ada kemajuan masyarakat pada umumnya.

Eksportir minyak utama hari ini memainkan peran penting dalam keamanan energi global. Banyak negara-negara kuat mencari solusi jangka panjang untuk meningkatkan keamanan energi dengan mengurangi ketergantungan pada impor minyak asing. Hal ini tidak hanya berakibat pada pertumbuhan domestik sumber daya energi terbarukan tetapi, dalam jumlah yang berbeda juga mendorong peningkatkan efisiensi energi dan konservasi energi.


IndoEnergi Home