Pengertian Ladang Angin (Wind Farm)

Roscoe Wind Farm
Landang Angin (wind farm) adalah sekelompok turbin angin yang saling berhubungan di lokasi yang sama, yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Ladang angin dapat bervariasi dalam hal ukuran dan dapat benar-benar besar hingga memiliki beberapa ratus turbin angin yang saling berhubungan dan dapat mencakup area lebih besar dari ratusan kilometer persegi.

Ukuran bukanlah satu-satunya kategorisasi ketika membahas ladang angin, kategori lain yang penting adalah lokasinya, dan kategorisasi ladang angin dapat dibagi menjadi ladang angin darat dan ladang angin lepas pantai.

Ladang angin terbesar di darat terletak di Texas, Amerika Serikat, yaitu Roscoe Wind Farm yang sangat terkenal. Ladang angin raksasa ini memiliki kapasitas 781,5 MW yang berasal dari 627 turbin angin individu, dan menyediakan daya yang cukup untuk lebih dari 250.000 rumah di Texas.

Ladang angin lepas pantai terbesar di dunia terletak di Inggris, yaitu The Thanet Offshore Wind Project, dengan kapasitas 300 MW.

Ladang angin lepas pantai membutuhkan biaya konstruksi lebih tinggi dibandingkan dengan ladang angin di darat, karena proyek-proyek ini perlu dibangun sangat kuat untuk menahan kondisi cuaca ekstrim. Namun, ladang angin lepas pantai mendapatkan angin yang lebih kuat dan lebih sering dibandingkan dengan ladang angin di darat dan juga nyaris tak terlihat dari tanah sehingga mereka tidak mengganggu tampilan visual lanskap.

Ladang angin pertama di dunia hanya terdiri dari 20 (@30 kW) turbin angin dan dipasang di selatan New Hampshire, Amerika Serikat pada tahun 1980.


IndoEnergi Home