Penggunaan Pelamis untuk Memanfaatan Energi Gelombang Laut

Tenaga air telah lama digunakan untuk memproduksi listrik, dan secara tradisional dilakukan di sungai dengan memanfaatkan kekuatan arus mereka. Teknologi ini bekerja dalam cara yang sama seperti yang digunakan untuk memanfaatkan angin untuk menggerakkan turbin, yang pada gilirannya menyebabkan roda gigi generator berputar dan memproduksi listrik. Inilah cara tenaga air dimanfaatkan di masa lalu, tapi ada jenis lain dari energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air. Energi gelombang laut menjadi sumber tenaga yang telah banyak diusahakan untuk dikonversi menjadi energi listrik.

Gelombang laut kaya akan energi kinetik yang melalui teknologi telah diupayakan untuk dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi bentuk energi yang berguna seperti listrik atau hidrogen. Melalui pengembangan teknologi baru, pembangkit listrik bertenaga gelombang mulai menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk keperluan rumah dan bisnis.

Sampai saat ini, belum dapat dimantapkan bagaimana energi gelombang laut dapat dimanfaatkan. Karena gelombang laut bergerak ke sejumlah arah, tidak selalu deras seperti sungai, dan laut bisa begitu korosif dan sulit untuk dikelola. Meskipun begitu, sekarang ada suatu cara yang efektif untuk dapat digunakan guna memanfaatkan tenaga ombak.

Pelamis, Konventer Energi Gelombang Laut

Ada teknologi baru yang memanfaatkan gerak gelombang laut secara keseluruhan di permukaan laut. Teknologi ini disebut Konverter Energi Gelombang Pelamis dan dibuat untuk memanfaatkan gerakan gelombang dan mengubahnya menjadi listrik.

cara kerja Pelamis
Alasan terbesar bahwa alat konventer energi gelombang Pelamis bisa dimanfaatkan adalah bahwa alat ini dirancang lebih untuk terus bekerja di bawah setiap kondisi laut daripada mencoba untuk mengkonversi setiap energi. Artinya teknologi ini tidak dimaksudkan untuk menyerap semua energi pada setiap gelombang, tetapi hanya memanfaatkan sebagian energi yang dimiliki gelombang laut. Pada saat cuaca buruk (dan gelombang besar), alat ini tidak akan berusaha untuk mengambil terlalu banyak energi.

Alat ini terdiri dari beberapa bagian berbentuk silinder yang disambung. Bagian-bagiannya, yang sebagian di bawah air digerakkan oleh gelombang. Karena setiap bagian bergerak, mereka memompa minyak melalui motor yang menghasilkan gerakan pada generator. Generator pada gilirannya menghasilkan listrik. Meskipun perangkat Pelamis beroperasi pada efisiensi 15% saja, 30 bagian pelamis dapat mensuplai listrik untuk sebanyak 20.000 rumah.

Pemabangkit Listrik Energi Gelombang
bagian internal Pelamis
Karena alat mengkorvensi energi gelombang, Pelamis, telah terbukti bekerja dengan baik saat percobaan, pembangkit listrik gelombang laut mulai bermunculan. Pembangkit listrik pertama yang digunakan secara komersial dipasang di Portugal.

Pada awalnya, pembangkit terdiri dari hanya 3 alat Pelamis, tetapi karena terbukti sukses, ada rencana untuk menambah jumlah alat hingga sebanyak 1.500 rumah tangga dapat dipasok oleh pembangkit listrik tenaga gelombang ini. Selain itu, ada rencana untuk membangun sebuah pembangkit listrik tenaga gelombang di lepas pantai Skotlandia, yang juga akan dapat menambah sumber daya di negara itu.

Merupakan fakta bahwa hal besar berikutnya di wilayah teknologi listrik tenaga air kemungkinan adalah penggunaan gelombang laut untuk mencukupi kebutuhan energi di berbagai negara di seluruh dunia. Terlebih, energi gelombang merupakan energi bersih dan terbarukan yang banyak memberikan benefit bagi umat manusia.


IndoEnergi Home