Sebab Energi Surya Terus Digunakan Sebagai Energi Alternatif

Matahari mungkin jutaan mil jauhnya, tapi kita bisa memanfaatkan energinya untuk melakukan berbagai kegiatan. Tidak seperti bahan bakar fosil, tenaga surya adalah sumber energi bersih yang tidak akan mencemari planet kita. Industri surya telah membuat lompatan raksasa ke depan dan sekarang rata-rata setiap rumah tangga dapat menggunakan energi surya sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Manfaat terbesar dari energi surya adalah karena energi ini bebas dari polusi. Perekonomian dunia sekarang sangat bergantung pada bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam. Namun, mereka adalah sumber daya tak terbarukan dan menciptakan polusi ketika dibakar.

Energi terbarukan merupakan energi berkelanjutan dan tidak menghasilkan polusi. Energi berkelanjutan berarti bahwa kita dapat memastikan bahwa kita tetap bisa memenuhi kebutuhan energi kita dan menjamin keselamatan planet ini untuk generasi mendatang.
Memang, suatu saat  kita akan mengalami kehabisan pasokan energi tak terbarukan dan polusi yang disebabkan oleh penggunaan sumber energi jenis ini sudah menjadi masalah serius pada saat ini. Semakin cepat kita beralih untuk menggunakan energi terbarukan, semakin bersih udara yang kita hirup dan air yang kita minum.

Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, tenaga surya sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menggantung pakaian di halaman di bawah terik matahari adalah salah satu bentuk pemanfaatan energi surya. Kalkulator di meja Anda tidak berjalan menggunakan baterai, melainkan memiliki deretan sel surya untuk menjadi sumber dayanya.
Teknologi yang digunakan untuk mentransfer cahaya matahari menjadi energi memang tidak murah, tetapi dukungannya terhadap planet yang bersih membuatnya berharga. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, semua orang akan menggunakan sumber energi terbarukan untuk listrik di rumah dan keperluan bisnis mereka. Menurut beberapa laporan, pada tahun 2030, kebanyakan orang akan menggunakan sumber energi alternatif untuk memasok daya yang mereka butuhkan untuk pemanas di rumah, menjalankan mobil atau sekedar menonton televisi.

Ada banyak produk rumah tangga bertenaga matahari yang tersedia, sebagian bahkan tidak disadari konsumen. Kompor surya menggunakan sinar matahari sebagai sumber panas untuk memasak. Proses kimia surya mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Proses ini menggunakan baik cahaya (fotokimia) dan panas (endoterm) untuk menghasilkan reaksi kimia, termokimia atau termoelektrik. Reaksi kimia surya dapat digunakan untuk menghasilkan dan menyimpan energi listrik sebagai sumber energi alternatif. Mobil bertenaga surya telah menjadi bahan penelitian selama 20 tahun dan diperkirakan akan segera menjadi kenyataan.

Ada manfaat besar dengan memanfaatkan energi surya. Penggunaan energi surya akan mengurangi kebutuhan energi tak terbarukan, menciptakan lapangan kerja dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Teknologi yang terus berkembang ini hanya akan bermanfaat bagi planet kita jika kita mulai menggunakannya. Biaya adalah menjadi halangan bagi kebanyakan orang, tetapi banyak penghematan yang bisa didapat setelahnya. Setelah investasi awal untuk menginstal panel surya, sebuah keluarga dapat menghemat banyak uang untuk biaya energi mereka. Untuk menyelamatkan lingkungan kita, modal ini layak untuk dibelanjakan.


IndoEnergi Home