Tips Hemat Energi Di Rumah


Memiliki rumah bisa jadi memerlukan investasi yang sangat mahal. Ada pemeliharaan yang perlu dilakukan dan tagihan yang harus dibayar. Bila Anda mencari cara agar biaya untuk merawat rumah menjadi lebih rendah, pertimbangkanlah beberapa cara sederhana berikut untuk menurunkan tagihan energi Anda:

Atur Suhu
  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menurunkan biaya energi adalah dengan mengatur suhu rumah Anda. Matikan AC ketika Anda berangkat kerja di pagi hari, dan jangan lupa pula untuk mematikannya ketika Anda pergi berakhir pekan.
  2. Beli termostat yang terprogram. Dengan termostat yang terprogram Anda dapat mengatur suhu pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Programlah agar rumah menjadi lebih dingin pada jam-jam ketika Anda sedang berada di rumah.

Jendela dan Pintu
  • Bila menggunakan AC, isolasi jendela dan pintu rumah Anda agar udara tidak bocor keluar, bila udara bocor keluar maka diperlukan energi lebih agar AC mampu menjaga suhu sejuk di rumah Anda.
  • Atau di sore dan pagi hari, Anda bisa membuka pintu dan jendela untuk mendinginkan ruangan dan mendapatkan udara lebih bersih dibandingkan menggunakan AC.

Air
  1. Matikan segera alat pemanas air saat suhu sudah cukup panas. Harus tidak lebih panas dari 60'C.
  2. Gunakan mesin cuci saat kapasitasnya sudah penuh.
  3. Beli mesin cuci hemat energi.
  4. Matikan air saat menyikat gigi.
  5. Cuci piring saat piring sudah penuh di mesin pencuci piring.
  6. Beli kepala kran dan pancuran yang alirannya kecil.
  7. Pastikan kran tidak bocor, tetesan keran bisa membuang bergalon-galon air dalam sehari.
  8. Periksa toilet dan pastikan berjalan efisien.

Listrik
  1. Matikan lampu saat Anda tidak di ruangan/kamar.
  2. Gunakan lampu hemat energi.
  3. Usahalan menggunakan peralatan panas seperti oven dan pengering pada malam hari, ketika udara dingin. Menggunakan alat pemanas pada siang hari akan menyebabkan AC di rumah Anda harus bekerja ekstra.
  4. Periksa AC di rumah Anda untuk memastikannya bekerja secara efisien.
  5. Bersihkan filter udara di rumah Anda.
  6. Gunakan tirai untuk menahan panas sinar matahari.
  7. Cabut charger ponsel, dan peralatan kecil lainnya. Perangkat ini akan menyedot energi bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan.
  8. Pasang saklar untuk alat-alat elektronik dan matikan semua saat tidak sedang digunakan.
  9. Pilihlah peralatan hemat energi untuk digunakan. Peralatan tersebut telah diuji untuk bekerja lebih efisien dengan menggunakan lebih sedikit energi dan dapat menghemat tagihan listrik bulanan Anda.
  10. Usahakan mencari sumber energi alternatif. Anda bisa mendapatkannya melalui perusahaan penyedia energi atau menginstal secara individu.

Perbaikan Rumah

  1. Isolasi merupakan faktor kunci dalam menghemat biaya energi di rumah Anda. Pastikan rumah Anda terisolasi dengan benar di semua area. Hal ini akan memastikan udara panas atau dingin (tergantung musim) tidak keluar dari rumah Anda.
  2. Isolasi juga lantai rumah Anda. Jika terisolasi dengan baik, lantai rumah Anda akan terasa lebih nyaman dan membantu menjaga udara panas atau dingin dalam ruangan.
  3. Pastikan pipa air di rumah Anda juga terisolasi. Pastikan tidak ada yang bocor.

Pelajari Cara Menghasilkan Energi Mandiri di RumahAnda.
  1. Apakah panel surya dapat dipasang di rumah Anda untuk memanaskan air dan sebagai sumber energi.
  2. Apakah menggunakan turbin angin dapat menghasilkan energi bagi rumah Anda.
  3. Anda bisa menggunakan pompa panas geothermal sebagai penghangat di rumah Anda.


IndoEnergi Home