Top 5 Sumber Energi Terbarukan

Artikel ini akan menguraikan 5 sumber utama energi terbarukan dan sebab mereka dianggap terbarukan. Sumber-sumber energi ini termasuk diantaranya adalah energi surya, energi angin dan energi hidro.

Energi Surya
Matahari berumur sekitar 4500000000 (empat setengah miliar) tahun dan diharapkan untuk terus berpijar setidaknya selama beberapa milyar tahun mendatang, karena itulah energi surya ditempatkan paling atas sebagai sumber energi terbarukan, sumber energi yang terus dapat kita manfaatkan tanpa konsekuensi buruk terhadap lingkungan dan planet ini.

Kita dapat terus menggunakan energi dari cahaya atau panas yang dihasilkan oleh matahari. Kemajuan dalam 10 tahun terakhir memungkinkan kita untuk bisa memanfaatkan energi matahari melalui teknologi surya seperti sel surya fotovoltaik, yang mengubah energi matahari menjadi energi yang dapat digunakan seperti listrik atau pemanas air. Pada skala yang lebih kecil kita dapat memanfaatkannya untuk charger perangkat mobile, lampu lalu lintas atau lampu jalan.

Energi Angin
Energi angin dianggap sebagai sumber energi terbarukan karena hembusan angin disebabkan oleh matahari dan gerakan bumi. Apabila planet ini terus berputar dan matahari terus bersinar, planet ini akan selalu memiliki angin, yang merupakan sumber energi yang sangat baik untuk dimanfaatkan.

Energi ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan pembangkit listik tenaga angin di darat / lepas pantai, yang tentu saja akan memberi kontribusi besar sebagai sumber energi alternatif.

Energi Air
Tenaga air berasal dari gerakan air. Tenaga air adalah sumber energi terbarukan karena air di bumi terus diperbaharui melalui presipitasi (hujan, salju dll), yang melibatkan siklus air; energi surya memanaskan laut - air menguap - kondensasi membentuk awan - hujan di lahan kering dan mengalir kembali ke laut melalui sungai. Dan di sungai-sungai ini kita dapat membangun bendungan, yang menggunakan kekuatan air untuk menghasilkan listrik dengan mengkonsentrasikan air melalui sebuah terowongan di bagian bawah bendungan (penstock). Air yang terkonsentrasi kemudian memutar turbin untuk menghasilkan listrik.

Energi Gelombang/Pasang Surut
Energi yang dihasilkan dari gelombang atau pasang surut air laut menghasilkan listrik dengan cara yang mirip sebagaimana turbin angin menghasilkan listrik, tapi turbin bukannya diputar oleh angin melainkan diputar oleh gelombang atau ombak. Energi gelombang/pasang surut merupakan sumber energi terbarukan karena gelombang di sebabkan oleh gerakan angin, sedangkan air pasang surut disebabkan oleh gravitasi bulan dan matahari, dan rotasi bumi.

Energi Panas Bumi
Energi panas bumi berasal dari energi panas yang tersimpan dalam bumi. Air di bawah permukaan bumi bisa mencapai suhu 400 derajat selsius dan dapat diakses melalui pengeboran hingga kedalaman lebih dari 2 mil! Pemanfaatan energi ini biasanya dilakukan pada pembangkit listrik tenaga panas bumi skala besar yang menggunakan air panas untuk menghasilkan uap, yang pada gilirannya akan menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik. Panas bumi merupakan sumber energi terbarukan karena uap akan dikembalikan lagi bentuknya menjadi air dan air tersebut akan kembali dipanaskan menggunakan panas bumi dan digunakan lagi.


IndoEnergi Home