Traveling Dengan Perangkat Energi Surya Portabel

Perangkat tenaga surya portabel merupakan jawaban bagi siapa pun yang akan berada jauh dari colokan listrik ketika mereka harus menghidupkan atau mengisi ulang gadget elektronik mereka. Bayangkan Anda bisa mengisi ulang laptop atau telepon seluler saat mendaki gunung! Teknologi ini memanfaatkan energi surya sehingga Anda bisa memperoleh kenyamanan seperti di rumah saat berada di lokasi terpencil.

Tas Tenaga Surya Voltaik Portabel

Tas tenaga surya portabel dirancang untuk dapat mengisi ulang perangkat elektronik kecil seperti ponsel, kamera, PDA, tablet, dan MP3 player.

Sebagian besar perangkat tenaga surya portabel menggunakan sel fotovoltaik. Sel surya fotovoltaik menghasilkan listrik ketika mereka terkena cahaya. Mereka biasanya terdiri dari panel yang berisi dua lapisan bahan yang berbeda. Setelah cahaya menerpa kedua lapisan, salah satu lapisan menjadi bermuatan positif sementara yang lain menjadi bermuatan negatif. Hal ini pada gilirannya akan menghasilkan arus listrik. Anda dapat menggunakan listrik ini untuk mengisi atau menjalankan gadget elektronik  seperti kamera, laptop, ponsel, lampu, MP3 player, PDA, tablet dan beberapa item lainnya.

Jumlah listrik sel surya yang dihasilkan tergantung pada seberapa kuat matahari bersinar dan berapa lama perangkat tenaga surya tersebut digunakan. Sebuah sel tenaga surya menghasilkan listrik lebih cepat ketika matahari bersinar cerah, dan perangkat memiliki panel surya yang lebih besar akan menghasilkan listrik lebih banyak dari panel surya yang lebih kecil.

Sejumlah sel surya hanya akan menghasilkan arus yang cukup untuk perangkat elektronik berdaya kecil. Ketika Anda membeli perangkat emergi surya portabel, Anda akan menemukan bahwa di perangkat yang berbeda akan terdapat perbedaan tingkat watt. Untuk memilih perangkat surya yang tepat, cari tahu tingkatan watt yang Anda butuhkan. Untuk menentukan tingkat watt tersebut, lihatlah rating output pada adaptor. Keterangan ini akan memberitahu Anda berapa banyak watt yang dihasilkan oleh adaptor. Jika tidak terdapat informasi ini, maka semestinya ada informasi mengenai tingkatan ampere (amps) dan volt. Ingatlah bahwa panel surya yang lebih besar umumnya menyediakan watt yang juga lebih besar dan akan mengisi ulang daya perangkat Anda jauh lebih cepat.

Beberapa perusahaan menjual baterai cadangan untuk sel surya Anda. Baterai ini terkadang juga dapat diisi dari stopkontak atau dari adaptor mobil. Anda juga dapat memilih sel surya yang dapat digunakan saat hiking atau dalam perjalanan, seperti panel fleksibel yang dapat diletakkan di punggung Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengisi peralatan kecil atau baterai cadangan saat Anda sedang beraktifitas. Ingatlah bahwa  sel surya bekerja paling efektif di saat matahari bersinar terang. Beberapa sel surya dilengkapi dengan kabel yang panjang sehingga Anda dapat menempatkan kamera atau laptop di tempat teduh sewaktu diisi-ulang.

Perangkat tenaga surya portabel adalah alat yang sangat baik untuk dibawa saat Anda ingin menghindari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, tapi masih ingin menikmati fasilitas seperti di rumah. Dengan teknologi tenaga surya yang semakin maju, kita dapat mengharapkan perangkat portabel tenaga surya menjadi lebih kecil, lebih ringan dan lebih murah. Namun, yang ada sekarang ini sudah sangat nyaman dan dapat membuat perjalanan di daerah terpencil jauh lebih aman dan lebih menyenangkan.


IndoEnergi Home