10 Fakta Menarik Mengenai Biomassa

Pembangkit Listrik Biomassa Alholmens Kraft
  1. Energi biomassa adalah salah satu bentuk energi tertua yang digunakan oleh manusia. Pembakaran kayu atau bahan biologis lainnya untuk menghasilkan panas atau untuk kebutuhan memasak merupakan salah satu cara penggunaan awal energi biomassa yang bahkan terus dipraktekkan hingga saat ini.
  2. Keuntungan terbesar biomassa adalah biomassa merupakan bahan bakar berkelanjutan, dan sebagai sumber energi terbarukan yang energinya berasal dari bahan biologis (yang meliputi tumbuhan dan hewan).
  3. Bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi biomassa sebagian besar berasal dari tanaman mengingat bahan bakar biomassa yang utama adalah kayu dan limbah produk sampingannya (yaitu serbuk gergaji). Biomassa juga dapat diproduksi dari hewan atau kotorannya, gas TPA dan sampah.
  4. Energi biomassa sebenarnya berasal dari matahari. Selama proses pertumbuhannya, tanaman menyimpan energi yang berasal dari matahari pada akar dan daun. Pada gilirannya, hewan mungkin akan memakan tanaman tersebut untuk dapat tumbuh dan berkembang biak. Proses tanaman menangkap energi matahari untuk membantu mereka tumbuh disebut fotosintesis.
  5. Biomassa dapat mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil dan kita dapat memanfaatkannya dengan cara yang tidak membebani lingkungan karena karbon dioksida yang dipancarkan selama pembakaran dapat ditangkap kembali dengan mengganti sumber yang digunakan yaitu penanaman kembali dalam kasus bila kayu yang digunakan sebagai bahan bakar.
  6. Pada tahun 2010, 4% dari kebutuhan energi AS dipenuhi oleh biomassa. Hampir setengah darinya berasal dari kayu dan produk sampingnya. Sekitar 40% berasal dari bahan bakar bio seperti etanol dan sekitar 10% dari limbah yaitu limbah kota untuk energi.
  7. Di Eropa 5% dari kebutuhan energinya dipenuhi oleh biomassa.
  8. Saat ini pembangkit listrik biomassa terbesar di Amerika Serikat dan Amerika Utara berada di Florida South Bay yang disebut New Hope Power partnership. Pembangkit ini dapat menghasilkan 140 megawatt dari pembakaran bahan bakar utama yaitu tebu. Pembangkit listrik ini juga menggunakan limbah kayu perkotaan. Kapasitas pembangkit ini dapat mencukupi sekitar 60.000 rumah dan setiap tahunnya dapat mengurangi kebutuhan minyak USA sekitar satu juta barel.
  9. Sedangkan stasiun listrik biomassa terbesar terletak di Finlandand yang dinamakan Alholmens Kraft. Kemampuan produksi maksimumnya mencapai 265 MW. Pembangkit listrik ini secara total memiliki 400 karyawan.
  10. Jumlah total produksi listrik biomassa global mencapai hampir 50 GW dan sekitar 14% dari kebutuhan energi global dipenuhi oleh biomassa.


IndoEnergi Home