Fakta Mengenai Energi Hijau Terbarukan pada Teknologi Mobile

Penerapan Energi Hijau Terbarukan telah memasuki berbagai aspek dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak terkecuali pada teknologi mobile. Ada beberapa fakta mengenai Energi Hijau Terbarukan yang harus kita sadari dan cari ketika membeli perangkat mobile baru.
Pertama-tama marilah kita persamakan persepsi mengenai Energi Hijau Terbarukan. Terminologi "terbarukan" merujuk pada sumber-sumber energi yang tidak akan pernah habis, dan "hijau" berarti bahwa jenis energi ini ramah lingkungan dan memiliki sedikit atau tidak memiliki dampak pada lingkungan. Jenis Energi Hijau Terbarukan ini mencakup energi surya, energi angin, energi biomassa dan energi tenaga air.

Jadi, apa kaitan teknologi mobile dengan Energi Hijau Terbarukan? Teknologi mobile yang kita maksudkan berkaitan dengan penggunaan perangkat teknologi mobile dan ini termasuk ponsel dan tablet yang merupakan bagian dari hidup kita dan sering diganti karena salah satu dari banyak alasan seperti fashion, desain, fitur yang terus berkembang dll.

Ada beragam alasan mengapa orang mengganti perangkat mobile mereka, seperti: produsen perangkat mereka mengeluarkan model yang lebih baru, perangkat mereka rusak atau hilang, diluncurkannya teknologi terbaru atau model yang lebih menarik dll.

Survei terbaru menunjukkan bahwa ketika orang mengganti perangkat mobile dengan alasan apapun, mereka sebenarnya peka terhadap lingkungan dan mereka juga mengambil pertimbangan-pertimbangan berikut, yang berhubungan dengan Energi Hijau:
  • Kemasan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.
  • Daur ulang produk dan produsen yang bertanggung jawab terhadap pengambilan kembali produk usang atau yang dibuang.
  • Produk efisiensi energi.
  • Jumlah konten yang dapat didaur ulang dalam produk.
  • Dampak lingkungan dari manufaktur (misalnya: penggunaan bahan kimia dan penggunaan energi).
Selain fakta mengenai Energi Terbarukan di atas, ketika konsumen menggambarkan mengenai dampak dari perangkat elektronik mobile mereka terhadap lingkungan, ditemukan bahwa mereka tanggap mengenai istilah-istilah yang terkait erat dengan Energi Hijau Terbarukan sebagaimana berikut ini:
  • Produk berkelanjutan(Sustainable product)
  • Produk hijau
  • Produk ramah lingkungan
  • Produk eco-labeling (Eco-labelled product)
  • Produk yang bertanggung jawab terhadap lingkungan
  • Better manufacturing
  • Produksi bersih
Sebenarnya, setelah perangkat elektronik mobile baru dibeli, konsumen dapat menggunakannya sejalan dengan komitmen mereka terhadap lingkungan. Bagaimana hal ini bisa dilakukan? Konsumen dapat menggunakan aplikasi ponsel cerdas mereka untuk mendapatkan informasi dan artikel energi berkelanjutan, mencari informasi mengenai produk hijau, mencari tips menghemat energi, bergabung ke komunitas peduli lingkungan dan banyak cara lainnya untuk membantu mereka menjalani gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Ayo beli perangkat mobile hijau dan gunakan untuk mendukung gerakan peduli lingkungan dan enegi hijau terbarukan!


IndoEnergi Home