Apakah Bensin Itu?

Bensin - Produk dari Minyak Bumi
Bensin merupakan bahan bakar tak terbarukan yang terbuat dari minyak bumi. Di Amerika Serikat, kilang minyak menghasilkan sekitar 19 galon bensin dari setiap satu barel (42-galon minyak mentah) yang disuling. Sisanya akan diubah menjadi produk minyak lainnya seperti solar, bahan bakar jet, dan propana.

Bensin Disuling dari Minyak Mentah
Bensin sebagian besar terbuat dari minyak mentah, terbentuk dari sisa-sisa tanaman dan binatang (diatom) yang hidup ratusan juta tahun yang lalu. Sisa-sisa jasad renik inilah yang kemudian ditutupi dengan lapisan sedimen dari waktu ke waktu. Dengan tekanan ekstrim dan suhu tinggi selama jutaan tahun, sisa organisme ini akan menjadi campuran hidrokarbon cair (senyawa kimia organik dari hidrogen dan karbon) yang kita sebut sebagai minyak mentah. Kilang memecah hidrokarbon ini menjadi produk yang berbeda. "Produk olahan" ini termasuk diantaranya bensin, solar, bahan bakar jet, LPG, minyak residu, dan banyak produk lainnya.

Tahukah Anda? 
Di daerah 4 musim, ada perbedaan utama antara bensin musim dingin dan musim panas yaitu pada tekanan uap mereka. Tekanan uap bensin penting bagi mesin mobil untuk berfungsi dengan benar. Selama bulan-bulan di musim dingin, tekanan uap harus cukup tinggi agar mesin dapat berjalan lancar. 
Bensin menguap lebih mudah dalam cuaca hangat, melepaskan senyawa organik yang lebih mudah menguap dan berkontribusi terhadap masalah kesehatan dan pembentukan tingkat ozon tanah dan kabut asap. Untuk mengurangi polusi, dibutuhkan penyuling minyak yang dapat mengurangi tekanan uap bensin yang digunakan selama musim panas.


via eia 


IndoEnergi Home