Apakah Propana Itu?

Propana Berasal dari Gas Alam atau Minyak Bumi
Propana adalah gas yang kaya energi, C3H8. Propana adalah salah satu gas minyak bumi cair (LP-gas atau LPG) yang ditemukan bercampur di gas alam dan minyak bumi. Propana dan gas cair lainnya, termasuk etana dan butana, dipisahkan dari gas alam di pusat pengolahan gas alam, atau dari kilang minyak mentah. Jumlah propana yang dihasilkan dari gas alam dan dari minyak bumi kurang lebih sama.

Propana alami berbentuk sebagai gas. Namun, pada tekanan tinggi atau suhu yang lebih rendah, gas ini menjadi cairan. Karena propana 270 kali lebih kompak sebagai cairan daripada gas, propana diangkut dan disimpan dalam bentuk cair. Propana menjadi gas lagi ketika katup dibuka untuk melepaskannya dari wadah bertekanan-nya. Ketika kembali ke tekanan normal, propana menjadi gas sehingga kita dapat menggunakannya.

Liquefied Petroleum Gas Ditemukan pada Tahun 1912
Liquefied Petroleum Gas adalah campuran dari propana, etana, butana, dan gas lainnya yang dihasilkan di pusat pengolahan gas alam dan kilang minyak.

LP-gas ditemukan pada tahun 1912 ketika seorang ilmuwan AS, Dr Walter Snelling, menemukan bahwa gas ini dapat diubah menjadi cairan dan disimpan di bawah tekanan moderat. Industri LP-gas dimulai tak lama sebelum Perang Dunia I ketika terjadi masalah dalam proses distribusi gas alam. Salah satu bagian dari pipa di satu tempat pemrosesan gas alam berada di tempat yang dingin, dan dingin yang menyebabkan banyaknya cairan terbentuk di dalam pipa, terkadang menghambat aliran di seluruh pipa.
Segera, para insinyur menemukan solusi: dibangunlah fasilitas untuk mendinginkan dan meng-kompres gas alam, dan memisahkan gas yang bisa diubah menjadi cairan (termasuk propana dan butana).


via eia


IndoEnergi Home