Bagaimanakah Minyak Terbentuk?


Bagaimana Minyak Terbentuk?
Minyak terbentuk dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan (diatom) yang hidup jutaan tahun yang lalu di lingkungan laut (air) sebelum masa dinosaurus. Selama jutaan tahun, sisa-sisa hewan dan tanaman ditutupi oleh lapisan pasir dan lumpur. Panas dan tekanan dari lapisan ini membantu sisa-sisa organik tadi berubah menjadi apa yang sekarang kita sebut minyak mentah. Kata "petroleum" berarti "minyak bebatuan" atau "minyak dari bumi."



  1. Tanaman dan hewan kecil yang mati tertimbun di dasar laut.
  2. Panas dan tekanan yang besar mengubahnya menjadi minyak dan gas.
  3. Saat ini kita mengebornya untuk memperoleh minyak dan gas.


Produk Yang Dibuat dari Sebarel Minyak Mentah
Setelah minyak mentah diangkut dari tanah, minyak ini dikirim ke kilang dengan pipa, kapal, atau tongkang. Di kilang, bagian-bagian minyak mentah dipisah menjadi produk minyak bumi yang bisa digunakan. Minyak mentah diukur dalam barel (disingkat "bbls").

Satu 42-U.S. galon barel minyak mentah menghasilkan sekitar 45 galon produk minyak bumi. Keuntungan dari pengolahan minyak mentah ini mirip dengan apa yang terjadi pada popcorn, yang akan menjadi lebih besar setelah dimasak.


Tahukah Anda Minyak Mentah Bisa Sweet (manis) atau Sour (asam)?
Minyak mentah disebut "sweet" jika hanya mengandung sejumlah kecil sulfur dan "sour" jika mengandung banyak sulfur. Minyak mentah juga diklasifikasikan berdasarkan berat molekulnya.  Minyak mentah "light" mengalir seperti air, sedangkan minyak mentah "heavy" kental seperti ter.


via iea


IndoEnergi Home