Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Propana

Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Propana?
Harga propana mengikuti sejumlah hal yang mempengaruhinya, beberapa darinya merupakan faktor umum untuk semua produk minyak bumi, dan yang lainnya unik, khusus untuk propana. Karena mudah diangkut, propana dapat melayani pasar yang berbeda, dari bahan bakar pemanggang barbekyu sampai bahan bakar untuk memproduksi petrokimia. Harga propana di pasar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk harga bahan bakar kompetitor di pasar masing-masing; jarak yang ditempuh propana untuk mencapai pelanggan, dan volume yang digunakan oleh pelanggan.

Minyak Mentah dan Harga Gas Alam - Meskipun propana diproduksi dari keduanya, penyulingan minyak mentah dan pengolahan gas alam, harganya sangat dipengaruhi terutama oleh harga minyak mentah. Hubungan ini karena propana sebagian besar bersaing dengan bahan bakar berbasis minyak mentah.

Keseimbangan Pasokan / Permintaan -  Penawaran dan permintaan propana tergantung pada perubahan dalam produksi domestik, cuaca, dan tingkat persediaan, serta beberapa faktor lainnya. Produksi propana tidak musiman, namun permintaan perumahan sangat musiman. Ketidakseimbangan ini menyebabkan banyaknya persediaan selama musim panas ketika konsumsi rendah dan persediaan tersebut disalurkan pada musim dingin ketika konsumsi jauh lebih tinggi. Karena persediaan propana yang rendah pada awal musim dingin, maka kemungkinan harga propana akan menjadi lebih tinggi selama musim dingin.

Kedekatan Supply dan Konsumen- Karena biaya transportasi, pelanggan terjauh dari sumber pasokan utama akan membayar harga propana yang lebih tinggi.

Pasar yang Dilayani - Permintaan propana berasal dari pasar yang berbeda yang menunjukkan pola yang berbeda dalam menanggapi musim dan pengaruh lainnya. Permintaan perumahan, misalnya, tergantung pada kondisi cuaca, sehingga harga cenderung naik di musim dingin. Sektor petrokimia lebih fleksibel mengenai kebutuhan propana-nya dan cenderung membelinya selama musim semi dan musim panas, ketika harga turun. Harga juga bisa dipacu jika permintaan propana di sektor pertanian tanaman kering tetap tinggi hingga musim gugur, ketika permintaan perumahan mulai meningkat.


via eia


IndoEnergi Home