Hidropower dan Dampaknya Pada Lingkungan


Hidropower Merupakan Energi Bersih Tetapi Tetap Memiliki Dampak pada Lingkungan
Sebuah bendungan untuk membuat reservoir (atau untuk mengalihkan air ke Pembangkit Listrik Tenaga Air run-of-river) dapat menghambat migrasi ikan ke daerah hulu tempat mereka melakukan pemijahan.

Sebuah waduk dan pengoperasian bendungan juga dapat mengubah suhu alami air, kimia, karakteristik aliran, dan lumpur, yang semuanya dapat mengakibatkan perubahan signifikan pada ekologi (organisme hidup dan lingkungan) dan karakteristik fisik (bentuk batu dan tanah) sungai di hulu dan hilir.
Perubahan ini mungkin memiliki dampak negatif terhadap tanaman asli dan hewan di dan di samping sungai, dan di delta yang terbentuk tempat sungai mengalir ke laut. Waduk dapat mencakup areal alam yang penting, lahan pertanian, dan situs arkeologi, dan menyebabkan relokasi penduduk. Dampak fisik dari sebuah bendungan dan waduk, pengoperasian bendungan, dan penggunaan air dapat mengubah lingkungan di wilayah yang lebih luas dari yang tercakup oleh reservoir.

Pembuatan beton dan baja yang digunakan untuk membangun bendungan membutuhkan energi yang dapat menimbulkan emisi ketika diproduksi. Jika bahan bakar fosil digunakan sebagai sumber energi untuk membuat bahan-bahan ini, maka emisi dari pembakaran bahan bakar dapat dikaitkan dengan listrik yang dihasilkan dari fasilitas listrik tenaga air. Namun, mengingat masa operasi pembangkit tenaga air yang panjang (50-100 tahun), emisi ini jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah emisi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

Gas rumah kaca, karbon dioksida dan metana, juga dapat terbentuk di waduk dan akan dipancarkan ke atmosfer. Jumlah yang tepat dari gas rumah kaca yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air di waduk tidak pasti.
Para ilmuwan di Brazil National Institute for Space Research telah merancang sebuah sistem untuk menangkap metana di reservoir dan membakarnya untuk menghasilkan listrik.


Tahukah Anda? 
Bendungan Safe Harbor di Sungai Susquehanna, Pennsylvania, USA memiliki lift yang membantu ikan salmon bermigrasi dari bagian dasar ke atas bendungan tersebut.

via eia



IndoEnergi Home