Hukum Kekekalan Energi

Energi Tidak Dapat Diciptakan atau Dihancurkan
Bagi para ilmuwan, "konservasi energi" tidak berarti penghematan energi. Sebaliknya, hukum kekekalan energi mengatakan bahwa energi tidak diciptakan atau dihancurkan. Ketika kita menggunakan energi, enegi tersebut tidak hilang. Kita mengubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain.

Sebuah mesin mobil yang membakar bensin mengubah energi kimia pada bensin menjadi energi mekanik. Sel surya mengubah energi radiasi menjadi energi listrik. Bentuk energi-nya berubah, tetapi jumlah total energi di alam semesta tetap sama.

Konversi dari Satu Bentuk Energi ke Bentuk Lainnya
"Efisiensi energi" adalah jumlah energi yang dimanfaatkan, yang Anda dapatkan dari setiap jenis sistem. Sebuah mesin hemat energi yang sempurna akan mengubah semua energi yang dimasukkan ke dalam mesin tersebut menjadi kerja yang bermanfaat. Pada kenyataannya, mengubah satu bentuk energi menjadi bentuk yang lain akan selalu menyebabkan kehilangan energi yang tak termanfaatkan.

Kenyataannya, sebagian besar transformasi energi sangat tidak efisien. Tubuh manusia adalah contoh yang baik. Tubuh Anda seperti mesin, dan bahan bakar untuk mesin Anda adalah makanan. Makanan memberi Anda energi untuk bergerak, bernapas, dan berpikir. Tetapi, tubuh Anda tidak sangat efisien dalam mengubah makanan menjadi pekerjaan yang bermanfaat. Banyak energi yang hilang sebagai panas.


via eia


IndoEnergi Home