Penggunaan dan Pemanfaatan Batubara

Pembangkit Listrik
Berbahan Bakar Batubara 
Selain untuk ekspor, batubara digunakan sebagai sumber energi dasar di banyak industri termasuk baja, semen, dan kertas.

Penggunaan utama batubara adalah:

Untuk Tenaga Listrik
Pembangkit listrik membakar batubara untuk menghasilkan uap. Uap menggerakkan turbin (mesin untuk menghasilkan tenaga rotari) yang kemudian menghasilkan listrik.

Selain perusahaan di sektor tenaga listrik, industri dan bisnis dengan pembangkit listrik mandiri juga menggunakan batubara untuk menghasilkan pasokan listrik mereka.

Untuk Industri
Berbagai industri memanfaatkan panas batubara dan produk-antaranya. Bahan yang diekstrak dari batubara (seperti metanol dan ethylene) digunakan dalam pembuatan plastik, tar, serat sintetis, pupuk, dan obat-obatan.

Batubara juga digunakan untuk membuat baja. Batubara dibakar dalam tungku panas untuk membuat kokas, yang kemudian digunakan untuk melebur bijih besi menjadi besi yang dibutuhkan untuk membuat baja. Penggunaan kokas memberikan suhu yang sangat tinggi, yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas pada baja untuk berbagai keperluan seperti seperti untuk jembatan, bangunan, dan mobil.

Industri beton dan kertas juga memanfaatkan batubara.

Tahukah Anda? 
Satu pound batu bara memasok listrik yang cukup untuk sepuluh bola lampu 100 watt selama sekitar satu jam.


via eia


IndoEnergi Home