Sekilas Mengenai Hidropower

Hidropower Sebagai Penghasil Listrik 
PLTA adalah sumber energi terbarukan yang dipakai untuk menghasilkan listrik.

Hidropower Mengandalkan Siklus Air
Memahami siklus air penting untuk memahami hidropower. Berikut ini adalah siklus air yang berlangsung:

  • Energi matahari memanaskan air di permukaan bumi, menyebabkan air menguap.
  • Uap air mengembun menjadi awan dan jatuh kembali ke permukaan sebagai presipitasi (hujan, salju, dll).
  • Air mengalir melalui sungai kembali ke laut, di mana ia dapat menguap dan memulai siklus lagi.

Energi Mekanik Dihasilkan dari Gerakan Air
Jumlah energi yang tersedia dalam air bergerak ditentukan oleh deras aliran atau jatuhnya air tersebut. Air yang mengalir deras di sungai besar akan membawa banyak energi dalam alirannya. Air yang terjun dengan cepat dari titik yang sangat tinggi juga memiliki banyak energi dalam alirannya.

Air kemudian mengalir melalui pipa, atau penstock, yang kemudian mendorong baling-baling dalam turbin yang akan memutar generator untuk menghasilkan listrik. Dalam sistem run-of-the-river system, kekuatan arus menentukan tekanan yang dihasilkan, sementara dalam storage system, air diakumulasi dalam waduk yang dibuat oleh bendungan, yang kemudian dilepaskan sesuai kebutuhan untuk menghasilkan listrik.

Tahukah Anda? 
Hidropower adalah salah satu sumber energi tertua. Hidropower digunakan ribuan tahun lalu untuk menggerakkan kincir air untuk tujuan seperti menggiling biji-bijian. 
Karena sumber pembangkit listrik tenaga air adalah air, maka PLTA harus berada pada sumber air. Oleh karena itu, hidropower mulai banyak digunakan seiring dengan kemajuan teknologi transmisi listrik jarak jauh.


via eia


IndoEnergi Home