Antisipasi Kenaikan Harga BBM dengan Menghemat BBM Kendaraan Anda

Harga BBM terus meningkat. Berikut adalah tips mengenai cara untuk menghemat BBM guna membantu mengimbangi kenaikan harga.

Inilah Caranya:
1. Tetap dalam batas kecepatan standar. Semakin cepat Anda mengemudi, semakin banyak bahan bakar yang Anda gunakan.

2. Gunakan gigi overdrive. Gigi overdrive meningkatkan nilai ekonomi bahan bakar mobil Anda selama mengemudi di jalan raya.

3. Gunakan cruise control. Menggunakan cruise control dalam perjalanan dapat membantu Anda mempertahankan kecepatan konstan dan, dalam banyak kasus, mengurangi konsumsi bahan bakar Anda.

4. Mengantisipasi situasi saat mengemudi. Jika Anda mengantisipasi kondisi lalu lintas, Anda dapat menghindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu, dan meningkatkan nilai ekonomi bahan bakar Anda hingga lima sampai 10 persen.

5. Hindari waktu tunggu yang tidak perlu. Matikan mesin jika Anda berada dalam situasi menunggu yang panjang. Tidak peduli seberapa efisien mobil Anda, jangan menambah biaya bahan bakar dan mencemari udara.

6. Gabungkan perjalanan. Gabungkan beberapa perjalanan singkat yang dibutuhkan. Mobil yang start dari kondisi mesin dingin dapat menggunakan bahan bakar dua kali lebih banyak dibandingkan ketika mesin masih hangat untuk jarak yang sama.

7. Kurangi kelebihan berat bagasi. Hindari membawa barang yang tidak dibutuhkan, terutama yang berat. Tambahan 100 kilogram dalam bagasi mengurangi ekonomi bahan bakar mobil hingga satu sampai dua persen.

8. Tune up mobil Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa mesin yang setelannya buruk dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 10 sampai 20 persen tergantung pada kondisi mobil.

9. Jagalah kondisi ban mobil Anda. Ban kempes menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat enam persen.

10. Ganti oli mobil Anda. Oli bersih mengurangi keausan yang disebabkan oleh gesekan antara bagian yang bergerak dan menghilangkan zat berbahaya di mesin.

11. Periksa dan ganti filter udara secara teratur. Filter udara mobil Anda menyimpan kotoran dari udara yang merusak komponen internal mesin. Filter yang tersumbat dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar hingga 10 persen.

12. Beli BBM pada tingkat oktan yang Anda butuhkan. Ingat, semakin tinggi oktan, semakin tinggi harga. Periksa manual kendaraan Anda untuk menentukan tingkat oktan yang tepat.

13. Miliki kendaraan hemat BBM. Perbedaan konsumsi bahan bakar kendaraan standar dan yang hemat bahan bakar cukup signifikan dalam jangka panjang.


IndoEnergi Home