Cara Membersihkan Panel Surya

Pemeliharaan panel surya relatif mudah dan memerlukan biaya rendah mengingat bahwa panel surya tidak memiliki bagian yang bergerak secara mekanik. Namun, mempertahankan panel surya tetap di kondisi puncak sangat penting untuk menjaga kinerja tinggi dari sel fotovoltaik. Mari belajar bagaimana untuk membersihkan panel surya secara mudah dan efektif!

Cara membersihkan panel surya
Installer Panel Surya: Sebelum membersihkan panel surya, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan installer atau produsen panel surya tersebut. Produk yang berbeda mungkin memiliki spesifikasi tertentu terhadap teknik pembersihan atau bahan-bahan pembersih.

Waktu terbaik: Rencanakan membersihkan panel surya Anda pada saat panel surya tidak bekerja/ off time, ini sangat penting karena dua alasan utama: pertama Anda perlu menjaga produksi panel surya tidak terpengaruh dan kedua, Anda harus berusaha untuk menghindari membersihkan panel surya pada saat sinar matahari terasa terik. Karenanya, waktu terbaik untuk membersihkan panel surya adalah di awal pagi atau sore hari.

Keselamatan Merupakan Hal Utama!: Keselamatan harus diutamakan karena Anda berurusan dengan panel surya rumahan (panel surya untuk rumah) yang kemungkinan terpasang di atas atap. Jadi, jika Anda akan naik ke atap untuk membersihkan panel surya Anda (terutama jika Anda memiliki atap miring) kondisi cuaca yang sangat penting bagi keselamatan Anda saat membersihkan panel surya. Secara umum, bekerja di atas tanah membutuhkan kehati-hatian tinggi untuk menghindari risiko cedera.

Gunakan Selang Air: Jika panel surya Anda hanya sedikit berdebu, Anda dapat menggunakan selang air biasa dengan tekanan. Namun, ini mungkin tidak memadai bila kotoran atau debu berjumlah banyak.

Tambahkan Sabun: Untuk menghilangkan debu dan noda berat pada kaca panel surya, Anda dapat menggunakan air sabun hangat, dengan spons atau kain lembut. Yang penting adalah Anda harus membersihkan permukaan kaca panel surya karena bagian ini yang menghasilkan listrik dari sinar matahari.

Mengapa membersihkan panel surya diperlukan?
Panel surya menghasilkan listrik ketika terkena sinar matahari. Efisiensi panel surya, dan listrik yang dihasilkan, sangat dipengaruhi bila paparan sinar matahari pada sel surya berkurang. Dengan demikian, akumulasi kotoran, debu, dan partikel lainnya, seperti kotoran burung, dapat secara signifikan mengurangi output panel surya. Secara umum, akumulasi kotoran pada kaca panel surya, bertindak sebagai lapisan yang sangat mengurangi paparan sinar matahari dan mempengaruhi efisiensi panel surya secara negatif. Data empiris menunjukkan bahwa melakukan pembersihan panel surya secara efektif dapat meningkatkan efisiensi panel surya sebesar 100% , sedangkan membersihkan mereka setiap 8 bulan dapat menghasilkan peningkatan 30-40%.

Membersihkan panel surya untuk pertama kalinya setelah satu tahun dapat melipatgandakan output.



IndoEnergi Home