Gadget Hemat Energi

Ada beberapa gadget yang dapat Anda gunakan untuk membantu menghemat energi di rumah Anda.

Saklar Kontak
Meskipun Anda telah mematikan peralatan dan perlengkapan komputer saat tidak digunakan, mereka mungkin tetap menguras energi hanya dengan terpasang pada kontak. Jika Anda memiliki begitu banyak gadget yang harus dicabut satu per satu, maka sebaiknya Anda menggunakan saklar kontak yang memungkinkan Anda “mencabut” semua gadget dalam satu langkah.

Termostat Terprogram
Jika Anda memiliki AC sentral, termostat terprogram dapat membantu menjaga rumah Anda tetap terkontrol pada suhu yang tepat. Gatget ini juga dapat digunakan untuk secara otomatis menyetel AC dan / atau pemanas saat Anda tidak di rumah. Set and forget, maka secara otomatis Anda akan menyesuaikan suhu ruangan sehingga Anda tidak perlu membuang-buang listrik dan uang.

Monitor Listrik
Mirip dengan termostat, monitor listrik dapat membantu Anda mengurangi penggunaan energi dengan memberikan Anda visual mengenai jumlah dan biaya energi yang Anda gunakan di seluruh rumah Anda.

Memonitor pemakaian listrik dapat memberikan gambaran mengenai perangkat mana yang paling banyak menggunakan energi dan mana yang tidak. Perangkat ini juga berguna untuk mencari tahu seberapa banyak daya yang dipakai dan berapa banyak biaya untuk menjalankannya.

Produk Energy Star 
Peralatan dan gadget yang menggunakan label Energy Star (untuk produk USA) menggunakan lebih sedikit energi dan air daripada model yang serupa. Anda dapat menemukan produk versi Star Energy pada produk-produk yang Anda ingin beli. Anda bisa memeriksa website Energy Star untuk daftar lengkap produk yang disertifikasi dengan label Energy Star.

Charger Tenaga Surya
Pertimbangkan membeli pengisi daya baterai bertenaga surya untuk kamera, ponsel, iPod, atau laptop Anda.


IndoEnergi Home