Jenis-jenis Pemanas Air

Pemanas Air Listrik
Pemanas air menggunakan sumber pemanas (biasanya api atau elemen pemanas listrik) untuk menaikkan suhu air dingin ke tingkat suhu yang diinginkan. Air dapat dipanaskan dan disimpan dalam tangki terisolasi, siap untuk digunakan bila diperlukan, atau dapat langsung dipanaskan melalui sistem dan langsung digunakan.

Ada 3 jenis pemanas air yang tersedia bagi Anda:

  • gas alam
  • listrik
  • surya

Harga beli dan biaya operasional masing-masing dapat bervariasi secara signifikan. Beberapa jenis pemanas air mungkin lebih mahal saat dibeli, tetapi akan membutuhkan biaya operasional semakin murah dari tahun ke tahun. Semua opsi dapat dipilih sesuai gaya hidup dan anggaran Anda. Biaya untuk mengoperasikan pemanas air Anda akan tergantung pada jenis pemanas air yang Anda pilih, berapa banyak air panas yang Anda gunakan, dan harga energi saat ini.

Gas Alam

  • Storage Water Heater

Storage Water Heater adalah jenis pemanas air gas alam yang paling umum digunakan. Air dipanaskan dan disimpan dalam tangki sehingga tersedia untuk digunakan di rumah setiap saat. Ketika tidak digunakan pemanas ini bisa kehilangan panasnya melalui dinding tangki. Storage Water Heater gas alam yang lebih modern memiliki tingkat isolasi yang baik sehingga mampu meminimalkan kehilangan panas.
Pemanas air gas alam konvensional (standar) biasanya merupakan jenis pemanas Storage Water Heater yang paling murah.

  • Tankless Water Heaters

Alih-alih menggunakan tangki untuk menyimpan air panas, pemanas air Tankless Water Heater, hanya memanaskan air bila diperlukan dan menghindari kehilangan panas melalui dinding tangki dan pipa air. Tankless Water Heater lebih mahal harganya, tetapi menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan Storage Water Heater, dan mengurangi biaya operasional sekitar 30 persen.

Tergantung pada penggunaan air panas Anda, Tankless Water Heater mungkin tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda.

Listrik
Storage water heater bertenaga listrik menggunakan elemen pemanas listrik yang terletak di dalam tangki penyimpanan. Pemanas air listrik kehilangan panas melalui dinding tangki ketika tidak sedang digunakan. Pemanas air listrik yang lebih modern memiliki tingkat isolasi yang lebih canggih di sekeliling dinding tangki, yang membantu mengurangi hilangnya panas. Konsultasikan dengan ahli listrik profesional sebelum Anda memasang pemanas air listrik untuk pertama kalinya guna melihat apakah dibutuhkan penyesuaian pada instalasi listrik Anda.

Tenaga Surya
Ada dua jenis sistem pemanas air tenaga surya, pasif dan aktif. Sistem aktif lebih umum digunakan di daerah beriklim dingin.
Sistem aktif memiliki kolektor surya yang dipasang di atap atau dinding rumah. Kolektor ini menyerap radiasi panas matahari melalui transfer cairan panas. Radiasi diubah menjadi aliran panas dengan memompa cairan transfer panas melalui penukar panas, biasanya terletak di tangki penyimpanan sekunder. Penukar panas ini memanaskan air sebelum masuk ke dalam sistem pemanas konvensional, mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu air hingga mencapai suhu yang diinginkan.

Sistem pemanas air tenaga surya dapat beroperasi sepanjang tahun dan biasanya menaikkan suhu air 5’ sampai 10’ C, yang berarti Anda bisa cukup banyak menghemat biaya energi.


IndoEnergi Home