Mengenal Pemanas Air

Ketika kita memikirkan kemana uang kita keluar untuk membayar listrik, kita dapat melihat dengan jelas ke sekitar rumah kita - lampu, peralatan dapur, televisi, dan pendingin serta pemanas udara. Tapi kita cenderung mengabaikan biaya pemanas air untuk kebutuhan sehari-hari, namun, 25% dari setiap biaya energi kita ternyata dibayarkan untuk memanaskan air.

Seperti kebanyakan peralatan, penggunaan pemanas air terus meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Model saat ini jauh lebih hemat energi. Meskipun demikian, Anda mungkin dapat membeli pemanas air yang lebih efisien yang akan menghemat biaya energi setiap bulannya. Itulah mengapa Anda seharusnya tidak hanya mempertimbangkan harga pembelian awal – pikirkan pula berapa biaya operasionalnya. Anda bisa menghemat banyak dalam jangka panjang.


Masa pakai harapan rata-rata pemanas air adalah 13 tahun. Hal ini menunjukkan berapa lama Anda akan bergantung dengan keputusan yang Anda buat saat ini. Jika Anda memilih pemanas air yang hemat energi, Anda akan terus menghemat selama bertahun-tahun.

Listrik vs Gas
Keputusan pertama yang harus diambil adalah memutuskan apakah akan membeli model gas atau listrik. Jika Anda ingin mengganti pemanas air yang telah ada, periksa jenis apa yang Anda miliki sekarang. Apakah gas atau listrik? Apakah Anda memiliki pasokan pipa gas alam atau hanya pasokan listrik? Banyak rumah tidak dilengkapi dengan outlet gas alam. Jelas, membeli pemanas air gas bukan merupakan ide baik jika Anda hanya memiliki pasokan listrik di rumah.

Mana yang lebih baik, gas atau listrik? Jika Anda memiliki instalasi jaringan pipa gas, Anda dapat menghemat uang dalam jangka panjang jika Anda menggunakan pemanas gas.

Sistem Pemanas Air Tenaga Surya
Panas matahari telah digunakan selama puluhan tahun untuk memanaskan air untuk rumah dan bisnis. Bahkan beberapa negara telah mewajibkan sistem ini. Sebagai contoh, semua rumah di Israel memiliki sistem pemanas air tenaga surya.

Lebih dari satu setengah juta sistem air panas surya telah dipasang di Amerika Serikat, terutama pada rumah tangga. Sebagian besar sistem ini digunakan untuk memanaskan kolam renang.
Penggunaan sistem ini bisa menghemat biaya energi. Penghematan akan terus meningkat dari waktu ke waktu karena kenaikan tarif listrik. Rata-rata sistem pemanas surya mencapai titik impas dalam empat sampai tujuh tahun pemakaian.

Tankless / Pemanas Air On-Demand 
Pemanas air tankless juga disebut pemanas air on-demand. Pemanas ini menyediakan air panas tepat di saat Anda membutuhkannya, tanpa tangki penyimpanan. Menggunakan listrik atau gas sebagai sumber panas, pemanas air tankless, dalam beberapa kasus, dapat mengurangi tagihan pemanas air Anda sebesar 10 sampai 20 persen. Penghematan didapat dengan menghilangkan kerugian energi standby yang terbuang saat air panas tidak terpakai dalam tangki.

Tapi model ini tidak selamanya sesuai untuk semua aplikasi, dan kadang-kadang mereka tidak membantu Anda menghemat banyak energi atau uang. Jika Anda memiliki keluarga besar, dan perlu melakukan binatu dan mencuci piring pada saat anggota keluarga yang lain sedang mandi, sistem tankless mungkin tidak akan memenuhi kebutuhan Anda.

Keuntungan dan Kerugian
Berikut adalah beberapa keuntungan untuk pemanasan air on-demand:

  • Pemanas air tankless berukuran kompak, tapi mengatasi kerugian standby - energi yang terbuang ketika air panas mendingin dalam pipa atau saat berada di tangki penyimpanan.
  • Dengan menyediakan air hangat segera saat akan digunakan, pemanas air tankless membuang sedikit air. Kita tidak perlu membiarkan air dingin mengalir sesaat untuk menunggu air hangat keluar. Pemanas air tankless dapat menyediakan air panas yang tak terbatas asalkan beroperasi sesuai kapasitasnya.
  • Masa pakai dapat lebih lama dari jenis storage tank karena lebih tahatan terhadap korosi. Masa pakai harapan pemanas air tankless mencapai 20 tahun, dibandingkan dengan 10 sampai 15 tahun untuk pemanas air storage tank.
  • Dalam banyak kasus, pemanas air tankless listrik biaya operasinya lebih tinggi dibandingkan pemanas air tankless gas.

Berikut adalah beberapa kelemahan pemanas air on-demand:

  • Pemanas air tankless biasanya tidak dapat memasok air panas cukup untuk keperluan simultan seperti mandi dan mencuci.
  • Kecuali pemanas Anda memiliki fitur yang disebut modulating temperature control, pemanas tersebut mungkin akan memanaskan air pada suhu yang tidak konstan untuk tingkat aliran yang berbeda.
  • Pemanas air tankless listrik memerlukan daya listrik yang relatif tinggi karena air harus dipanaskan dengan cepat ke suhu yang diinginkan.

Berhemat Dalam Pemakaian Pemanas Air

  • Bersihkan sebisa mungkin dengan air dingin guna menghemat energi yang digunakan untuk memanaskan air.
  • Periksa keran dari kebocoran. Kebocoran membuang-buang air dan energi!
  • Hemat air panas dengan memasang shower hemat air.
  • Ketika mencuci piring dengan tangan, gunakan stopper wastafel atau pan untuk cuci piring sehingga air - panas atau dingin - tidak terbuang sia-sia. Ingat juga, bahwa air panas yang terbuang sia-sia tidak hanya membuang air, tetapi juga membuang energi.
  • Setelah air panas, jaga agar tetap dalam kondisi tersebut. Melapisi pipa air panas dengan isolasi akan meminimalkan kehilangan panas. Jadi, pasang isolasi R-12 di sekitar pemanas air Anda, kecuali jika tidak direkomendasikan oleh produsen. Pemanas air modern umumnya sangat terisolasi, dan menambahkan isolasi tambahan hanya akan menghemat sejumlah kecil energi. Anda dapat mempertimbangkan pula untuk meng-isolasi pipa air Anda.
  • Kurangi temperatur pemanas air Anda hingga 120 derajat F. Tingkat suhu ini akan menghasilkan cukup banyak air panas dan tetap menghemat energi. Untuk rumah dengan mesin pencuci piring, pengaturan hingga 140 derajat diperlukan untuk membersihkan piring dengan baik, tetapi sebagian besar mesin cuci piring keluaran baru memiliki booster suhu built-in.
  • Banyak pemanas air jenis baru yang memiliki fitur "vacation" yang dapat Anda gunakan untuk menghemat energi jika Anda pergi selama lebih dari beberapa hari. Putar thermostat ke penunjuk "down" atau "off" ketika Anda pergi selama lebih dari tiga hari.


IndoEnergi Home