Panduan Membeli Pemanas Air (Water Heater)

Tankless water heater
Pemanas air menggunakan hingga 14% konsumsi energi rumah tangga rata-rata, karenanya, memilih pemanas air yang terbaik dan model yang paling efisien untuk rumah Anda adalah keputusan yang sangat penting.

Cara Pilih Pemanas Air
Pertama, menentukan jenis bahan bakar:
  • Listrik
  • Gas Alam
  • Tenaga Surya
Selanjutnya, pertimbangkan jumlah anggota keluarga Anda untuk menentukan kapasitas pemanas. Kapasitas yang lebih besar dan pemanas air yang proses recovery panasnya lebih cepat harus diambil untuk kebutuhan air yang tinggi.

Akhirnya, tentukan bahwa ukuran pemanas air akan sesuai dengan ruangan Anda. Tentukan tinggi dan lebar untuk memastikan ruang yang memadai tersedia untuk instalasi.

Jenis Pemanas Air
Jumlah anggota keluarga, jaringan listrik di daerah Anda dan ruang yang tersedia untuk pemanas air semuanya memainkan peran dalam menentukan bagaimana memilih pemanas air terbaik. Sangat penting untuk memperhatikan hal-hal berikut:


  • Storage tank water heater adalah jenis pemanas air yang paling umum digunakan. Unit ini memiliki tangki terisolasi di mana air dipanaskan dan disimpan sampai saat diperlukan. Mereka tersedia baik yang menggunakan listrik maupun gas alam. Pemanas gas alam biasanya menggunakan lebih sedikit energi dan biaya operasi lebih murah dibandingkan yang menggunakan listrik dengan ukuran yang sama.
  • Storage tank water heater didesain sesuai dengan jumlah air yang akan disimpan. Ukuran tangki adalah salah satu pertimbangan utama saat membeli pemanas air jenis ini. 
  • Pertimbangan lain untuk membeli storage tank water heater adalah tingkat recovery – yaitu jumlah air yang bisa dipanaskan dalam satu jam. Semakin besar kebutuhan Anda akan air panas, tingkat recovery yang lebih tinggi yang Anda butuhkan.
  • Bila Anda membeli pemanas air, lihat efisiensi energi dan biaya operasi tahunan pemanas air sebelum Anda memutuskan mana yang tepat untuk kebutuhan anda. 
  • Ketahui dimensi ruang di mana pemanas air Anda akan dipasang. Jika jumlah air panas yang Anda butuhkan semakin meningkat dan Anda perlu meng-upgrade ke ukuran tangki yang lebih besar, mungkin anda membutuhkan instalasi pipa untuk memindahkan pemanas ke area yang baru dan unit yang lebih besar akan lebih cocok. Salah satu alternatif adalah dengan membeli pemanas air kate. Unit-unit ini lebih pendek dan lebih gemuk bila dibandingkan pemanas air biasa. Mereka bisa fleksibel diletekkan di ruang terbatas.
  • Storage tank water heater yang kecil, yang dikenal sebagai mobile storage tank water heater, merupakan pilihan yang baik untuk mendapatkan air panas untuk bangunan luar rumah, toko atau garasi. Pemanas air ini biasanya ukurannya berkisar 2,5-19 galon. Unit yang terbesar bahkan juga dapat digunakan untuk menyediakan air panas untuk mandi.

On-demand atau tankless water heater tidak menyimpan air panas, mereka memanaskan air saat melewati serangkaian kumparan di unit pemanas. Karena unit hanya memanaskan air saat Anda menggunakannya, tankless water heater biasanya lebih hemat energi daripada storage tank water heater yang tradisional. Mereka juga tersedia untuk yang menggunakan listrik atau gas alam. Unit tankless hanya dapat memberikan volume air panas dalam jumlah terbatas. Kebanyakan unit tankless dapat menyediakan hingga 3,5 galon air panas per menit.

Pemanas Air Teknologi Maju
Ada dua alasan untuk mempertimbangkan penggunaan pemanas air efisiensi tinggi: menghemat uang dan ramah lingkungan. Efisiensi pemanas air diukur oleh rating Energy Factor (EF). Semakin tinggi EF, semakin efisien model tersebut. Beberapa model yang paling efisien mungkin sedikit lebih mahal, mereka dirancang untuk menghemat uang dalam jangka panjang - dan mereka akan bekerja dengan cara yang ramah lingkungan.

Aksesoris Pemanas Air
Ada banyak aksesori yang tersedia untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi pemanas air Anda.
  • Dudukan pemanas air, meninggikan unit pemanas air gas dari tanah dan mengurangi risiko kebakaran jika terjadi tumpahan cairan yang mudah terbakar di dekatnya.
  • Pan pemanas air, ditaruh di bawah pemanas dan akan mengumpulkan air bila terjadi kebocoran atau luapan yang disebabkan oleh tekanan berlebih dalam tangki. Pan memiliki sebuah lubang di samping untuk menghubungkan selang pembuangan yang membuang air bila meluap.
  • Alarm, diletakkan baik di lantai atau di pan di samping pemanas air. Jika terjadi kebocoran atau luapan, alarm akan memberikan alarm suara guna mengingatkan pemilik rumah bahwa sedang terjadi masalah pada pemanas.
  • Tank expander, dirancang untuk menampung volume air tambahan.
  • Regulator tekanan, yang terhubung ke sisi outlet pemanas air untuk menjaga tekanan air tidak melebihi batas yang telah ditetapkan saat keluar dari tangki. Regulator tekanan membantu melindungi pipa interior dari kebocoran atau meledak karena lonjakan tekanan dalam sistem pipa.
  • Timer, dapat diatur sehingga pemanas air hanya menyala pada waktu tertentu. Anda dapat mengurangi penggunaan energi dan menghemat uang dengan menjalankan pemanas air hanya bila diperlukan.
  • Isolasi pemanas air, merupakan selimut yang dibuat khusus untuk memperkuat kemampuan isolasi pemanas air. 


IndoEnergi Home