Perbandingan Berbagai Jenis Pemanas Air

Pemanas air heat pump
Berbagai jenis pemanas air memberikan tingkat efisiensi yang berbeda-beda. Pemanas air efisiensi tinggi menggunakan energi 10 sampai 50 persen lebih rendah daripada model standar, menghemat tagihan listrik kita. Penghematan energi aktual dari pemanas air efisiensi tinggi tergantung pada jumlah anggota keluarga, lokasi pemanas, dan ukuran dan penempatan pipa air.

Macam-macam Teknologi Pemanas Air
  • Storage Water Heater.
Air terus dalam keadaan panas dan siap untuk digunakan setiap saat, disimpan dalam tangki penyimpanan terisolasi dengan kapasitas 20-80 galon. Banyak pilihan sumber bahan bakar yang tersedia, termasuk listrik, gas alam, minyak bumi, dan propana. Salah satu kelemahan dari unit ini adalah terbuangnya energi yang digunakan untuk menyimpan air panas di sepanjang waktu, atau dikenal sebagai kerugian standby.

  • Tankless Water Heater

Air akan melewati kumparan besar pemanas hanya pada saat dibutuhkan, tidak ada tangki penyimpanan yang terus-menerus menyimpan air panas. Hal yang mesti dipertimbangkan dalam teknologi ini adalah keterbatasan jumlah pengguna yang dapat menggunakan air panas secara bersamaan. Namun, tak ada batasan pasokan air panas, dan kerugian akibat energi standby dapat dieliminasi.
  • Heat Pump Water Heater
Heat pump mentransfer energi dari udara sekitar ke air dalam tangki penyimpanan. Pemanas air ini jauh lebih efisien daripada pemanas air listrik dan paling efektif di iklim hangat dengan musim dingin yang panjang.
  • Solar Water Heater
Harga pembelian awal pemanas air tenaga surya memang lebih tinggi dibandingkan dengan model standar, tetapi mereka memiliki biaya operasional yang efektif. Hal ini dapat terjadi karena pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi dapat mengurangi biaya operasional hingga 90 persen. Sistem pemanas air tenaga surya memerlukan pemanas air konvensional sebagai pemanas air cadangan untuk memastikan air panas tetap mencukupi ketika energi matahari tidak tersedia.

Perbandingan Antar Pemanas Air
Perbandingan Antar Pemanas Air
Type
Iklim Terbaik
Masa Pakai Harapan
Keuntungan
High Efficiency
Storage Tank
(Oil, Gas, Elec.)
semua
8–10 Tahun
Biaya awal rendah
Tankless
(Gas or Elec.)
semua
20 Tahun
Pasokan air panas tak terbatas

Heat Pump
Nyaman-Panas
10 Tahun
Pilihan pemanas listrik yang paling efisien
Solar with
Electric Back-Up
Nyaman-Panas
20 Tahun
Paling Hemat Energi, menggunakan sumber terbarukan

Pentingnya Mengetahui Metrik Pemanas Air

First-Hour Rating (FHR). FHR mengukur berapa banyak air panas yang akan tersedia pada jam tersibuk dalam sehari. Tangki besar tidak selalu diterjemahkan memiliki FHR tinggi. Recovery rating menjadi penting karena menunjukkan kemampuan pemanas air untuk kembali menyediakan air panas sewaktu air diambil dari tangki.

Efisiensi. Efisiensi pemanas air diukur dengan Energy Factor (EF), biasanya tercantum di samping label EnergyGuide. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi efisiensi energi pemanas air tersebut.


IndoEnergi Home