Tips Efisiensi Pemanas Air

Heat Trap
Banyak orang memanfaatkan air panas dari keran dengan sedikit berpikir mengenai pemanas air yang memasoknya. Pemanas air yang efisien mengurangi penggunaan energi di rumah Anda. Konsumsi energi yang berkurang memberikan manfaat pada lingkungan dengan menghemat bahan bakar fosil dan mengurangi polusi. Efisiensi ini juga bermanfaat bagi kantong Anda dalam bentuk pengurangan tagihan listrik.

Pengaturan Panas 
Fitur penyesuaian suhu pada pemanas air memungkinkan Anda untuk menentukan suhu air yang diinginkan. Menurunkan pengaturan hingga 120 F akan membuat air cukup panas untuk mandi air hangat atau mencuci piring Anda tanpa mengkonsumsi banyak energi. Pengaturan suhu yang rendah juga mencegah sengatan panas, tindakan pencegahan ini berguna untuk keselamatan yang tentu saja penting bagi keluarga dengan anak kecil.

Menggunakan Penyekat
Sama seperti isolasi dinding yang membuat rumah Anda lebih efisien, isolasi pemanas air juga membuatnya bekerja lebih efisien. Pemanas air Anda membuang-buang energi jika terasa hangat saat disentuh. Selubung isolasi fiberglass yang menyelimuti pemanas dapat meningkatkan efisiensi.
Anda juga dapat meng-isolasi pipa sekitar 5 meter dari pemanas air untuk efisiensi tambahan. Heat trap adalah investasi murah lainnya yang dapat Anda instal pada pemanas air untuk mengurangi kehilangan panas. Baca manual pemanas air untuk bantuan spesifik mengenai isolasi panas atau instalasi heat trap.

Efisien Peralatan
Efisiensi peralatan yang menggunakan air panas juga berdampak pada efisiensi keseluruhan sistem pemanas air. Pencuci piring dan mesin cuci yang memenuhi standar Energy Star menggunakan sedikit air panas. Pertimbangkan mengganti model lama dengan yang lebih baru, model yang lebih efisien dapat menghemat konsumsi energi dan biaya pemanasan air.

Ganti Water Heater
Pemanas air model lama tidak berjalan seefisien model yang lebih baru. Direkomendasikan untuk mengganti pemanas air Anda sekitar 7 tahun setelah pembelian, meskipun unit tersebut dapat terus berfungsi hingga 15 tahun atau lebih.
Belilah model yang paling efisien yang Anda mampu. Pilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda.


IndoEnergi Home